Kamis, 19 Maret 2009

Pengalaman Berharga Selalu Mengajar Mami Sesuatu

Dulu, sebelum dipulihkan... gua ii orang yg krisis PD. Selalu merasa diri ga berguna, ga bisa apa-apa, jelek, kurang ini-kurang itu. Gambar diri rusak. Kalo jalan selalu menunduk. Mau beli apa-apa punya duit tapi malu. Pesimis. Menyedihkan.

Gua inget banget, waktu gua kelas 4 SD kalo ga salah ada pelajaran kesenian yang mengharuskan semua anak maju satu persatu untuk menyanyi di depan. Nah, gua stress berat. Sampe giliran gua, gua ga mau maju. Dari dibujuk2 sampe ibu gurunya marah2 gua tetap ga mau maju. Terakhir si Ibu guru bilang, kalo kamu ga mau maju, saya kasih kamu nilai nol! tapi gua tetap ga mau maju karena malu. Akhirnya beneran gua dikasih nilai nol untuk praktek kesenian. Pas bagi raport, nilai kesenian gua merah. Sampe segitunya.

Sampe akhirnya gua pernah ikut satu camp gitu. Disana gambar diri gua dipulihkn. Gua merasa Tuhan menciptakan gua utuh, tidak perlu ditambahin apa-apa lagi. Gua berharga di mata Tuhan. "Bahkan dari dalam kandungan ibuku Dia menenun aku". Dan dahsyatnya... semua rasa ga PD gua sembuh. Bersama Tuhan saya bisa melakukan perkara-perkara besar. Gua jadi Optimis.

Dan setelah ditelusuri kenapa gua jadi ga PD ternyata salah satu penyebabnya tuh pola asuh yg salah juga. Mama papa gua orangnya baik banget. Perhatian dan sayang sama anak2nya. I love u pap, I love u mam. Cuman ada satu pola asuh yg salah. Seringkali gua denger nyokap sharing ma temen2nya. Sayang anak itu bagus. Boleh. Tapi jangan dipuji di depannya. Jangan terlalu keliatan. Ntar jadi besar kepala dia, bla...bla...

Jadi sehari-hari gua berasa kalo gua mengerjakan sesuatu yg berprestasi, ga pernah sekalipun gua dapet pujian. Tapi giliran gua salah, gua dimarahin. Jadi ga seimbang, yang gua rasa selalu koreksi, penghakiman, celaan, etc. Akhirnya itu salah satu yang membangun gua jadi orang yang merasa ga punya kemampuan apa-apa, ga bisa apa-apa.

Ya, ada banyak hal sih. Gua ini 3 bersaudara, cewe semua. Dan gua nih dari kecil tuh udah gendut sendiri. sedangkan adik2 gua pada langsing2. Jadilah giliran mau sin cia beli baju baru, gua tuh paling susah nyari bajunya. Adik2 gua udah dapat baju, sedangkan gua belom dapet2. Yang ada sambil nyari baju, gua dimarahin lagi. Gara-gara gua terlalu gendut. Belom kalo maen ke rumah tetangga berdua ma adek gua yg ke-2. Gua selalu dibilang ngambil jatah makanan adek gua sampe dia kurus begitu. Ternyata pengalaman2 itu melukai gua dan menanamkan di pikiran gua kalo gua ini jelek, ga berharga, ga bisa apa2, etc.

Gua bersyukur banget, akhirnya Tuhan pulihkan hidup gua dan hari ini gua bisa punya kehidupan seperti ini, itu semua anugerah. Dan gua juga ga menyalahkan orang tua gua. Sebagai orang tua, mereka itu udah sangat sempurna di mata gua. Bahkan mama adalah idola gua dari kecil sampe sekarang. Mereka belom bisa punya pola asuh yg benar karena emang mereka terbtas akan pengetahuan. Jaman dulu mana ada buku2 ttg mendidik anak. Mana ada akses bebas untuk informasi2 penting dalam mendidik anak. Yang ada mereka akan mendidik anak sesuai dengan pola yg sudah diturunkan turun menurun dong. Dan pola asuh China totok kan emang begitu. Antara anak dan orang tua itu seperti ada gap, jauh, tidak terbuka.

Nah, berangkat dari pengalaman itu, gua akhirnya bertekad, gua akan mendidik anak gua dengan lebih baik. Karena gua merasakan sendiri akibat dari pola asuh yg salah. Akibatnya fatal dan anak menderita. Gua mulai rajin cari2 info begimana mendidik anak, ikut kelas2 parenting etc.

Salah satunya dari kecil gua belajar menyeimbangkan antara memuji dhea kalo dia berprestasi, misalnya dia taat, rajin, bantuin gua beberes, memberi kepada orang lain, memperhatikan orang lain, gua akan puji dia. Dhea anak good, dhea ga pelit, mami sayang dhea. etc...etc...
Tentu saja pujian juga harus seimbang dengan koreksi kalo dia melakukan kesalahan. Kalo ga pernah koreksi, bener juga, yg ada dia besar kepala dan jadi anak yg sombong. Intinya harus seimbang lah.

Nah, kenapa gua terinspirasi menulis tentang ini? Hahaha... Kemarin pulang kantor gua ngambil duit 1 juta di ATM, trus gua masukin dompet. Nah, pas gua ajak dhea jalan2 di mobil kan gua ngambil dompet buat bayar parkir. Eh, dia liat dompet gua, dia langsung ambil dompet gua, trus liat isinya. Trus dia langsung bilang... Wuaaa... duit mami banyak. **secara biasa dompet gua isinya ga pernah lebih dari 200 rb, kekekeke** Mami pinter deh kerjanya. Mami pinter cari duitnya, mami hebat. **Hati mami berbunga-bunga dengernya** hehehe

Trus tadi pagi sebelum gua ngaterin dia sekolah, kan mbak yani ngeberesin lantai bekas dia makan berantakan. Trus dia bilang... mbak rajin deh. mbak hebat beresin lantainya. Dhea sayang sama mbak. **sambil meluk kaki mbak yani**

Wuah... hati mami seneng banget. Seperti disiram sama air yg sejuuuk banget. Ga sia-sia selama ini udah banting tulang, uji kesabaran, adu keinginan sama Dhea, bertahan ga kalah sama kengototan Dhea. Hari ini mami melihat hasilnya. Dhea malah jadi anak paling PD di kelas. Berani, ga takut sama orang, tapi juga lumayan taat. Ditambah sekarang Dhea penuh perhatian dan ga pelit2 muji orang2 disekitarnya. Mami bangga Nak. Mami berdoa biar mami terus dikasih hikmat buat mendidik Dhea, biar Dhea jadi anak yg taat, benar, penuh kasih, disayang sama Tuhan dan disayang sama orang2 di sekitar Dhea. Amin.

2 komentar:

Mommy Axel mengatakan...

Ehem.. kejadian lu waktu kecil mirip banget yah ama gue. Hasilnya juga jadinya sama dengan elo sebelum dipulihkan.

Thanks for sharing.

Pucca mengatakan...

ih, dhea sweet banget ama ya :)
nanti kalo gua punya anak cewe gua tanya2 lu ah gimana caranya didik anak ampe jadi sweet gitu hehe :P