Senin, 30 Maret 2009

Empek-Empek Ala Mama Dhea :)

Bahan :
1 kg daging ikan tenggiri (caranya, ikan di filet, trus kerok dagingnya pake sendok dari atas ke bawah)
1 bulat besar bawang putih
1 kg tepung sagu tani (supaya hasilnya lebih bagus)
2 sdm tepung terigu
bubur (ambil secentong kecil nasi, kasih air panas, trus masak deh jadi bubur)
santan secukupnya (kalo pake kara 1/3 kotak aja)
air secukupnya
garam, gula, penyedap secukupnya
daun bawang bila suka, iris halus

Bahan kuah Cuka :
1/2 kg gula merah, disisir
500 cc air boleh lebih
garam + gula pasir secukupnya
cabe merah + bawang putih, haluskan
cuka secukupnya

Cara membuat :
1. Blender daging ikan tenggiri + garam, gula, penyedap + bawang putih dengan air atau santan secukupnya. Pokoknya yang penting blendernya bisa jalan aja. Sampe halus. Blendernya jangan sekaligus. kasian kerja si blender terlalu berat ntar cepet rusak. kalo yg punya food processor lebih bagus.
2. taro hasil blenderan ikan di baskom agak besar, lakukan blender ikan sampe habis.
3. Blender juga bubur sampe halus, tuang ke adonan ikan.
4. masukan 2 sdm terigu dan 3/4 bagian tepung sagu ke dalam adonan ikan.
5. Aduk pake tangan, sampe rata. Tambahkan daun bawang kalo suka
6. Tambahin sisa tepung sagu sedikit demi sampe dirasa cukup. Kalo dipencet antara genggaman tangan sama jari jempol bisa keluar bulat gitu.
7. Harusnya sementara bikin adonan ikan rebus juga sepanci besar air.
8. Masukan 2 sdm minyak goreng + 1 sdt garam ke dalam air rebusan supaya nanti mpek2 ga saling nempel dan rasanya ga jadi tawar.
9. Mulai buat bulatan mpek2 dengan cara mengeluarkan adonan antara jari tangan dengan telunjuk (pake tangan kiri)
10. Begitu keluar bulatan, sendok pake tangan kanan, n clupin ke air rebusan.
11. Lakukan terus sampe adonan habis.
12. Jangan lupa sesekali aduk mpek2 dalam air rebusan.
13. Kalo dia udah ngapung agak lama, angkat, berarti udah mateng.
14. Tiriskan.
15. Mpek-mpek siap dimakan, kalo mau lebih enak digoreng dulu.

Kuah Cuka :
Rebus gula + air sampe mendidih, masukan garam + gula, cabe & bawang halus, didihkan sebentar lagi. Matikan api. Saring. Taro di wadah plastik. Masukkin cuka sampe komposisi rasanya manteep.

Semua anak2 rata-rata suka dengan mpek2 ini. Hampir semua anak kecil yg gua kasih coba mpek2 ini pasti doyan, & emaknya minta dibungkus bawa pulang. hehehe. Rasanya gurih, ikannya berasa, pake santan tambah gurih, gua bikinnya ga terlalu keras dan alot, pake bubur juga mengurangi kealotan mpek2. Jadi pasti ini bisa jadi favorite buah hati para moms ya.... Silakan dicoba.

3 komentar:

twinsmommy mengatakan...

En, g ikutan coba resepnya yak... hasilnya enak bener, padahal sebelumnya g bikin ga pake santen kurang enak...

Thanx buat resepnya hehehe

enysusanto mengatakan...

ow, congrat ya. Seneng juga dengernya. tapi lain kali dibagi dong, hehehe

twinsmommy mengatakan...

Wah thanx tapi malu ah baginya masa bagi ke guru?? wkakaka