Rabu, 11 Maret 2009

Coret-coret Tembok

Baca commentnya Elsiey tentang coretan anak di lantai, gua jadi kepengen share juga nih, mudah-mudahan bisa jadi berkat ya buat mommy2 lain yang anaknya juga lagi demen coret-coret, hihihi...

Mungkin banyak orang tua yg berpikir wajarlah lantai, dinding, dan barang-barang di rumah dicoret-coret, namanya juga anak-anak. Terbukti dari kalo gua maen ke rumah temen-temen gua yang punya anak kecil, kebanyakan dinding, pintu bahkan sampe jok mobilnya banyak coretan anaknya. dan kalo gua tanya pasti jawabannya : "itu tuh kerjaan si ... *nama anaknya*"
Jawabannya sering pasrah, ya udahlah wajar aja.

Tapi gua pernah baca hal yg lain. Itu bukan kewajaran. Anak kecil itu mahluk yang polos. Mau dibentuk jadi apa tergantung dari orang tuanya. Memang sih ga langsung jadi, tapi butuh kesabaran dengan melatih anak berulang-ulang.

Gua sharing aja ya tentang Dhea. Jadi dari dhea mulai umur 1,5 tahun dia udah seneng megang pensil,ballpoint, spidol dan semacamnya. Tapi sejak umur segitu juga gua selalu ajarin dhea, kalo mau tulis cuman boleh di kertas atau buku. Setiap dia mau coret meja, langsung momy bilang, oo... no...no.... **sambil jari telunjuk digoyang-goyang" meja bukan tempat coret-coret ya sayang, langsung gua kasih tau kalo mau coret cuman boleh di kertas. Begitu juga waktu dia udah ambil ancang-ancang mau coret dinding. Mommy juga langsung keluarin telunjuk sambil bilang, Dhea no...no.... hal yang sama gua ulangi, cari kertas.. menulis cuman boleh di kertas.

Pernah sih suatu kali waktu dhea umur 2 tahun, dhea lagi di kamar bareng gua, dan gua lagi baca buku. Biasa dia bisa main sendiri tapi bolak balik ngerecokin gua. Nah hari itu gua heran koq dhea anteng banget sunyi senyap ga ada suara. gua cuekin aja karena buku yg gua baca lagi tanggung. Tapi lama-lama perasaan gua mulai ga enak. Trus gua ngintip, dia lagi ngapain ya...

O my God !! Ternyata dia lagi asik coret2 bed cover gua !! Pas gua bilang dengan nada tegas & tampang serius .... O My God! Dhea! kenapa kamu coret2 sprei mami? kan itu bukan tempat coret-coret. Kalo mau coret2 kan cuman boleh di kertas kan? Dia ngangguk dengan muka dia panik, tanda bersalah. Trus dia julurin tangannya n bilang "coli mami, dhea ga nakal lagi"

Abis itu gua peluk sambil bilang ke dia, Mami maafin dhea, tapi jangan ulangin lagi ya...
Sprei kan bukan tempat coret. Mami kan udah ajarin dhea kan? kalo mau coret harus di kertas atau buku. Pokoknya gua ngasih tau baik2 sampe gua liat dia mengerti apa yg gua sampein ke dia.

Alhasil sampai sekarang dinding, meja, lantai, dan semua rumah gua bersih dari coretan dhea. Cuman bed cover yg satu itu aja korbannya. Itu pun udah hilang waktu dicuci. Kuncinya cuman kasih tau dan ajarin anak berulang-ulang sampe dia nangkep.

Sekarang pun kalo dia mau nulis dia akan cari kertas, abis itu dia akan tanya : "Mami, ini udah dibaca belom" **maksudnya ini masih kepake ga, soalnya kadang yg dia tanya itu cuman kertas putih doang** hehehe... itu pun hasil diajarin, karena pernah dia coret kertas yg masih berguna. Jadi mami ajarin lain kali kalo mau coret, harus tanya dulu. Kecuali buku tulis & kotak2 dia yg emang dia pake buat coret2 sehari-hari.

Itulah sharing gua ngajarin anak jangan coret2 sembarangan, hehehe....

Ada cerita lucu sih... Kan gua sering ngajarin anak gua kalo salah harus minta maaf.
pas kemarin gua ga sengaja jatuhin tempat pensil dia sampe isinya berantakan. Trus dhea bilang : "Mami! koq dijatuhin, dengan tampang marah percis gua kalo marahin dhea"
Iya... ya mami ga sengaja **sambil beresin tempat pensil dhea** Udah selesai gua ngeloyor. Trus dia bilang lagi, mami kalo salah harus apa? Hah! gua dimarahin anak gua. minta maaf ya dhea.
Trus dia bilang minta maaf dong sama dhea. bilang sori dhea gitu.

Walaupun orang tua, tapi kan gua harus konsisten. Gua tetap harus lakukan yang gua ajarin dong. Karena gua juga yg salah. Jadi gua julurin tangan gua trus bilang : "sorry dhea, mami ga sengaja" trus dia bilang : iya mami. Jangan ulangi lagi ya... **dengan jari telunjuk digoyang-goyang gaya gua biasa**

**Hah! Pingsan**

10 komentar:

Pucca mengatakan...

hahaha.. lucu banget sih dhea, tapi dhea manis banget sih ya.. kayanya gampang diajarin.. apa semua anak begitu? :P

Santi mengatakan...

iy en mang musti tegas ma anak cm konsisten :) anak gue jg gt suka coret2 tdny terus pas gue tegor dia ga berani lagi..segala sesuatu dmulai dr gmn kita mau ngisi nya :)..kl dbiarin ya pasti penuh 1 rumah ma coret2an :d...kl pertama kali bole lah sisanya musti dikerasin ma dibilangin kl ga penuh d rumah :d

maryna roesdy mengatakan...

iya yah..emang harus tegas. Dea juga dari kecil udah dibiasain coret di magnetic board dan kertas. moga2 bisa ikutin Dhea sampe gede gak mencoret sembarangan.

tks for sharing.

d3s mengatakan...

hahahahaha... anak2 emang peniru nomor 1 en...

keponakan gue juga... gara2 dia suka ngomong, "enak aja!!" ikut2an TV.
setiap dia ngomong itu, ma2nya langsung ngomong, "ehh kamu ngomong apa?"

sejak saat itu setiap ada orang yang ngomong "enak aja!!", dia langsung ngomong, "eh kamu ngomong apa?" hahaha...

Mommy Axel mengatakan...

bwaahahaa... gue ngakak baca elo diomelin si Dhea.

Iya nih En, emang anak itu putih polos, akan terbentuk sesuai dengan ajaran kita. Tadinya tuh si unyil coretnya di buku. Terus sama papinya nyontohin coret di lantai. Sekarang jadina maunya nyoret di lantai. Padahal waktu itu ga sengaja. Jadi itu pulpen dioret2 di kertas ga keluar, terus papina coret2 agak keras di lantai dengan harapan, bisa keluar tintanya. Lhah anaknya langsung aja dah belajar coret di lantai (*geleng geleng pasrah)

Memang hal2 yang dari kecil kita bilang ga boleh, anak pasti ngerti. Contohnya, ga boleh buka lemari dapur. Kalo kita kasih dia ijin buka sekaliiii ajah, pasti besok2 dia mau buka lagi. Kalo ga dikasih, tantrum deh (huhu... katanya terrible two, ini belon 1,5 tahun udah tahu tantrum). Kalo dari awal kita konsisten, setiap mau buka, kita bilang ga boleh, dia pasti ga berani buka.

enysusanto mengatakan...

@ Pucca : hehehe, semua anak pada dasarnya bisa diajar. Cuman Langkah awalnya yg sulit banget. Anak juga pinter mempertahankan ego dia dengan segala senjatanya. Biasanya orang tua udah kalah & menyerah duluan. Pasrah. Makanya makin menjadi2.

Dhea juga awal ngajarnya perjuangan juga. Secara gua lihat sebenarnya karakter dia intim dominan (Sanguin-Koleris). Dia juga punya pendirian teguh dan kemauan yg keras. Makanya dari kecil harus diajar. Kalo kecilnya aja ga bisa diatur gimana nanti kalo dia udah besar.

Makanya gua berjuang habis2an buat naklukin dia di tahun2 pertama. Nah, kesininya udah jauh lebih enak. Gitu Vi. Mudah2an jadi masukan kalo nanti dikasih baby ya...

enysusanto mengatakan...

@ Santi : Iya, setuju san.

@ Maryna Roesdy : Amin. Selamat berjuang ya ... :)

@ Des : Iya des, makanya kita kudu hati2 dalam bertindak. Ada sepasang mata yg terus liat kelakuan kita & anggap itu adalah kebenaran.

@ Mommy Axel : Iya, kudu hati2 ngajarin anak. Sekarang kasih tau lagi aja dulu papi salah coret di lantai. Yang bener tuh di kertas.. bla..bla... Minta papinya aja yg ngomong, biar jadi ada pemberesan. Jadi ada koreksi. Orang tua juga harus fair. Kalo emang salah kudu ngaku & beresin, hehehe.. itu sih prinsip gua & gua terapin. Lumayan lah...

jot14 mengatakan...

wah berarti bener ya mommy ajarin Olive kalo mo coret moret di kertas...tp kudu bertahan neh..

Olive setiap di ks crayon/pencil, langsung di sodorin kertas (sambil bicara percis yg Eny ajarin ke Dhea).
Pernah mommy meleng, Olive coret2 meja, lgs di tegur deh ..eh se eneng malah balik ty "napa?" wakakakaka...yah panjang lebar de terangin na...dan pernah juga di lantai...tapi pas mommy panggil nama na, se eneng muka na lgs panik sambil bilang " oo'o!" ...ampe sekarang pun mase coba2 sambil lirik2 mommy/daddy/phopho/qung2 kl mo coret2 yg di larang....*sign*

Tapi knapa ya anak kecil demen bangeth coret moret na mo di lantai, dinding, sprei, meja..

Dhea pinter loh en...anak skr emank kritis ya..ortu kudu more hati2 deh..

L3N mengatakan...

Setuju En, anak kecil emang harus diajarin dan dibilangin berulang2 ya sampe dia ngerti sendiri dan inget.

Thanks for sharing.... :)

enysusanto mengatakan...

@jot14 : Thank you ya mommyna olive buat sharingnya. Nguatin gua juga, ada temennya ...

@ Lena : iya len. Selamat berjuang terus ya...