Selasa, 28 September 2010

Tim Iga Ikan ala Hongkong


Kebetulan kemaren abis nge-tim ikan ini ada bb nya si papi nongkrong di meja makan. Jadi di jepret aja, eh... battere nya low. Jadi ga bisa pake flash. Gambar kurang menggiurkan jadinya. Sudahlah... yang penting ada. Soalnya biasa gua males naik ke atas nyari2 kamera. Ditambah seringnya begitu masakan mateng langsung panggil2 papi n dhea **pake toa** buat makan bareng. Kita semua pecinta masakan fresh from the kitchen n masih panas. Jadi seringkali sudah ludes sebelum di foto. wakakkaka...

Iga bawal Bintang ini enak banget lho... Dagingnya halus, tidak amis dan karena namanya juga iga, pastinya berlemak. Tapi lemak ikan jauh lebih bagus kan??? Bener ga ibu dokter?? **lirik-lirik elisa, soalnya gua belom sempet googling juga** rasanya yummy banget lhooo...

Iga ikan ini dijual di kerfur. Biasa dagingnya buat ekspor ke Jepang. (bawal bintang enak banget lho... apalagi yang gede). Nah iganya dijual di sini. ga pa pa lah... yang penting enak. wakakakaka

Mumpung ada gambarnya sekalian gua share resepnya nih...

Bahan :
1 pak Iga ikan bawal bintang (gua ga tau berapa beratnya)
1 siung bawang putih, cincang halus
1 ruas jahe, potong korek api (tapi kurus-kurus banget, supaya ga begitu berasa)
sedikit minyak wijen
50 ml Saus tim ikan merek 'Ta Hua' (ini gua kira2 ya, soalnya gua asal kecrot)
sedikit gula pasir
1 batang daun bawang, bagian putinynya aja, suwir2 tipis
1-2 buah cabe merah iris serong

Cara :
1. Cairkan iga ikan (tadinya frozzen), cuci sebentar tiriskan. bole pakein jeruk nipis kalo mau, tapi gua jarang. Ikan ini emang ga amis koq.
2. susun ikan di piring buat ngetim. taburkan jahe dan bawang putih cincanf ke atas ikan.
3. trus tim ikan selama 10 menit kali ya. Soalnya iga ini kan tipis-tipis, jadi cepet mateng. pokoknya liat aja kalo dia udah putih udah.
4. Keringkan ikan tim. Maksudnya ambil jus ikan(air yg keluar dalam piring pas ngetim ikan). taburkan daun bawang suwir dan cabe merah potong. Sisihkan.
5. Panaskan minya wijen, tuang saus ta hua (untuk tim ikan) dan jus ikan tadi. didihkan. beri sedikit gula pasir. koreksi rasa. (harusnya agak asin dikit, soalnya nanti kan mau disiram ke ikan).
6. Tuang saus ke atas ikan tim.
7. kalo suka bole tambah daun yen sui (ciantro ya namanya). Gua sih suka tapi laki gua anti banget, katanya masa bau kecoa. hiks...

Simple kann???
Ya sudah, selamat makannnn!!!

9 komentar:

Pucca mengatakan...

en, mo tanya donk kenapa mesti dipisahin ya aer ikannya, kalo dicampur semua ta hua n minyak wijen waktu ngetim ikan apa efeknya en?
thank u ^^

eny mengatakan...

kenapa ga dicampur aja waktu ngetim, karena kalo tim ala hongkong emang begitu gayanya vi. jadi ikannya masih rasa original, and kuahnya bener-bener berfungsi sebagai saus vi. Trus kenapa kuah ikannya musti dikeluarin dulu, supaya rasa saus tercampur merata dan udah mantep di luar baru kita tuang ke dalam. kalo airnya masih di dalam kita tuang ta huanya, bisa tidak tercampur rata dan juga mungkin terlalu tawar, mungkin juga terlalu asin. gitu. mudah2an bisa menjawab ya

Yenny mengatakan...

ahhhhhhhh gw mogok ke blog elu deh :(( kepiting aja belon kesampean dah ditambahin yg ini :((

eny mengatakan...

@ yenny ; wakaka, jangan gitu dong say... Kalo yang ini dicoba aja. Gampil pisan bikinnya, pasti semua bisa. Rasanya ok juga lho ;)

once_alifetime mengatakan...

Eh, gua tadi kirain salah baca atau elo salah tulis. Jangan2 iga sapi tyt ada yah namanya iga ikan. Ini yang ada di C4 gitu ya, bagian frozennya?

Pucca mengatakan...

oo gitu.. oke deh kalo pas ada iga ikan gua cobain deh, soalnya ikan bawal bintangnya pan mahal hahaha..
thanks ya en :)

eny mengatakan...

@ Elisa : Iya ada iga ikan. enak koq iga bawal bintang ini. Kadang disebut juga bawal jepang. Ada di kerfur bagian frozen. Kalo yg di taman palem suka gua borong yg seger2nya. hueheuheue....

@ Pucca: ok vi. kalo iganya mah ga mahal koq

Veny mengatakan...

En beneran iga ikan bawal ? emang ada daging nya ? g abru tau nih secara nyokap sering tim ikan bawal , ga perna tau ada iganya he22 meski ga doyan ikan , liat masakan lo boleh juga yah seppp dah !

eny mengatakan...

@veny : Iya bener ven iga bawal bintang tapinya. Trus bawal bintangnya gede2 soalnya buat diexport dagingnya. nah iganya dijual disini. huehuehue.... tapi enak koq. bagi pecinta ikan pasti doyan deh apalagi kan best part nya ikan tim kan bagian perut tuh, jadi mantap deh