Sabtu, 25 September 2010

Kepiting Saos Padang ala Mama Dea

Tadi pagi pas ke pasar liat ada kepiting, trus pas ditoel2 keliatannya isi nih kepitingnya. hehehe.... langsung deh pilih-pilih 6 ekor, ditimbang 1,5 kg. Asyiiikkkk pesta kepiting dah.

Ini dia penampakannya...

Yummy lhoooo.... Pedes banget! Kepitingnya padet banget. Dagingnya full booo!!!


Jadinya 2 Piring gede begini nih....

Lumayan banyak kan??? Jadinya si papi ngundang temen baeknya Andi + anne (istrinya) yang emang maniak banget sea food, terutama kepiting buat makan bareng. Kebetulan tetanggan pula, jadi tinggal lompat udah nyampe. heheheh.... Tambah oseng2 kangkung terasi, jadilah kita pesta kepiting. huhuyyy.... Mantappppp!!!

Ini gua sharing Resepnya :

Bahan :
- 6 ekor kepiting sedang yang isi, bersihkan.
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 4 siung bawang merah, iris tipis
- 1 sendok makan penuh cabe merah giling
- 3 iris jahe
- 3 iris lengkuas
- 1 batang sere, ambil putih nya aja, keprek
- 1 butir telur, kocok lepas.
- segenggam cabe rawit merah, iris serong (selera aja)
- 2 lembar daun jeruk, sobek2
- 2 lembar daun salam, sobek2
- daun bawang, potong 2 cm

Saos :
Duh, gua asal kecrot aja sih, jadi ga tau ukuran pastinya.... tapi kira2 aja ya...
- 4 sdm saos sambel ABC
- 2 sdm saos tomat ABC
- 2-3 sdm Saos tiram
- 2 sdm kecap manis
- garam, gula secukupnya
- tepung maizena dan air secukupnya.

Cara :
1. Goreng kepiting sampe berubah warna (ga usah terlalu lama), angkat dan sisihkan
2. panaskan sedikit minyak, masukan bawang putih, bawang merah dan cabe giling. sebentar kemudian masukkan jahe, lengkoas, sere, cabe rawit, daun2an trus tumis sampe harum.
3. Masukkan kepiting tadi, aduk-aduk sebentar.
4. Masukkan telur kocok, di puter2 di sekeliling kuali. jangan diaduk dulu, biarkan sebentar supaya agak keras (garing). Gua lebih suka beli kepiting jantan karena dagingnya lebih banyak, padat dan manis. Tapi gua juga ga mau kehilangan sensasi telornya dong ah. Jadi gua pake telur ayam. huehuehue... enak juga koq.
5. semua saos disatuin di sebuah mangkok. aduk-aduk trus encerin dengan air secukupnya (mungkin 100 ml kali ya). kira2 aja sesuai selera.
6. tuang saos ke dalam kepiting, harus agak basah lho...
8. koreksi rasa, kalo kurang bole tambah saosnya, kalo kurang cuman dikit tambahin garam n gula saja. kalo rasa udah ok, masukin daun bawang, trus kentalkan saos dengan maizena.
9. Matikan api, jadi deh.... rasanya lezaaat banget lhooo.... sampe menuai pujian dan minta laen kali diundang lagi. mengalahkan restoran lah.... ***pede jaya narsis abis *** maksudnya restoran abal-abal kali ya.... hehehehhe Selamat mencoba!!!

PS : eh, gua masih ngutang resep udang balado ya sama elrica. coming soon ya ric :)

26 komentar:

Yenny mengatakan...

6 ekor kepiting buat 4 orang?? Mana cukup? Gw aja bisa makan 3 ekor, minimum 2 :p gw doyan banget kepiting tapi takut matiinnya... Ditusuk gw serem.. Direbus hidup2, gw gak tega... Udah gitu kudu nyikatin bodinya kan repot... Belon lagi kudu bersihin paru2nya yg menyeramkan itu kan kayak laba2 raksasa :p
Daripada puyeng, gw nebeng kepiting masakan nyokap gw aja deh, ato kalo lagi gak pelit makan di resto :p

Cyntha mengatakan...

boro2 masak, beli kepiting idup aja gw ga pernah :D kalo diganti kerang / udang bisa ga en?

hmmmm...kan yenny nebeng makan dirmh nyokapnya, gimana kalo gw nebeng makan aja di rmh elo wkekekeke

eny mengatakan...

@ yenny : mayan lah tadi sih puas2 aja, huehue. Soalna kepitingnya isi, dagingnya padet banget. berarti kalo ngundang lo musti 2 kg ya minimal, huehue...

Sebenernya ga susah koq bersihin jepiying. jadi dia kan msh hidup tuh, tp kan terikat. Trus pake piso gede, congkel sampe captitnya copot. Abis itu bodinya sikat pake sikat gigi yg uda ga pake, uda gitu copotin cangkangnya, bersihin paru2nya pake gunting, belah 2 pake gunting juga. uda deh. Tipsnya ga bole dirende, dlm air n bgitu abis bersihin langsung hatus dimsk, kalo ga berkuranf kadar kepadatan kepiting:

eny mengatakan...

@ cyntha; pake udang ato kerang bisa aja sin. ga mo nyoba kepiring? Rasanya mengguncang dunia lho! Semua krepotannya jd ga berarti de:..
Mau nebeng mkn di sini, bole aja sih. Gw mah welcome aja, xixixi

amey mengatakan...

besok2 kalo masak undang2 gw ya hehehehhe gw maniak kepiting, tapi gak bisa masak kepiting wakkaka binun bersihinnya lebi binun lagi milihnya, ga tau mana yg ada isinya mana yg kaga ahhahaa

lovefaithhope2811 mengatakan...

En, biar kata kagak cuma lompat, kalo ada kepiting kayak gini mah, gue langsung hadiir deh :)

Yummy pisan...
Gimana sih tau kepitingnya banyak daging or nggak En? Gue tuh suka trauma milih kepiting. Sering2 dapat kepiting, yg dagingnya lengket ke kulit. Jadi susah bener makannya...

Kalo kayak gitu, salah kepitingnya or salah masaknya sih En??

once_alifetime mengatakan...

Tadi gua udah melotot sambil telan2 ludah dan nyiapin catatan eh baca2 komen tyt belinya harus dalam keadaan hiduuuup? gak bs toh nyuruh yang jual bersihin hiks hiks.. lenyap deh keinginan gua:P

Ck..ck Si Yenny bs makan 3 buah? Gua cukup satu lho, En.. makanya lebih ekonomis kalau ngundang gua aja ha..ha..ha..

Ah Boy's Mom mengatakan...

enaaaaakkkkk...... mauuuu....

ntr kalo lu ke sini gw pinjemin dapur gw deh En. wakakakkaa.....

Livia mengatakan...

ngilerrrr... hehehee... laen x ada lg undang2 gua ya en, loh loh... hehee

Yulian mengatakan...

glegg!! enak bangett penampakannya En...
gw sama kek Yenny, ga punya nyali matiin kepiting *tega sih tega hihi*

gw biasa dimasakin nyokap aja...atau makan di cak gundul tuhh :D

Mami ODI mengatakan...

2 minggu yg lalu gw baru beli kepeting 2 biji 100 dollar En gila khan mana toe kepiting laki2 jadi enga ada isi dan telur btw kepiting perempuan enga boleh dijual disini En bt generasi berikutnya ausi kterlaluan sekali yah sampai segitunya.elu pinter masak yah En penampakannya aja udh bikin ngeces.

Pucca mengatakan...

iya en, gak usah ngundang si yenny, dia mah makannya boros, undang gua aja gua mah 1 kepiting udah cukup kok, yang jantan juga gua ok hehehe..

gua gak tega nusuk kepitingnya en, gimana donk..

eny mengatakan...

@ amey : hehe maniak kepiting juga ya? u jauh sih mey... wakakakak.... Ayo dong belajar dong, kalo nebeng nyokap terus ga ada regenerasi mey... cara milih n bersihin gua jelasin di bawah ya...

@ Lily : Wakakkaka..... asik juga ya kalo ngumpul sama-sama makan kepiting, hehehehe...

Cara milihnya gini ly. Kan dicapitnya kepiting ada lekukannya tuh (sendinya ya). Yang ada bagian daging yang tiak tertutup cangkang. Nah daging itu lu pencet aja, kalo padat dan sekel berarti kepitingnya isi, tapi kalo pas lu pencet lembek, jesss... kosong dan berair gitu berarti ga isi tuh ly.

eny mengatakan...

@ elisa : untuk pemula ga pa pa lis kalo minta dibersihin dan dipotong ama si abang penjual. sampe rumah lu cepet2 masak. minimal goreng dulu, tar baru dimasak ga papa. soalnya kalo kelamaan si kepiting akan mengeluarkan air terus menerus dan jadi ga padat. Walaupun pastinya lebih enak fresh ya... abis dipotong langsung digoreng. Tapi its ok lah. begitu lu menikmati rasanya lu pasti ketagihan dan nyoba lagi nyoba lagi. lama2 pasti kepingin yang fresh trus bisa deh :) **pengalaman pribadi soalny**

eny mengatakan...

@ Lena : iya enak len. Di Sing ada kepiting hidup ga? mahal banget pasti ya.... kalo nanti pas gue ke sing ada waktunya bole juga gua praktekin biar lu bisa juga ya... kalo kangen kepiting citarasa indo kan bisa nguplek sendiri di dapur. lebih banyak lebih puas dan pastinya lebih ekonomis lah ya....

eny mengatakan...

@ elisa : btw lis, menurut info dari jeung selvi sepertinya rumah kita bertetangga? benarkah itu? Kalo bener kapan2 lu gua ajak ke rumah menyaksikan langsung bagaimana gua membunuh para kepiting itu ***Sadis*** hahahha.... mau ga?

eny mengatakan...

@ livia : hayyuuuu aja liv :)

@ Yulian : hehe... kalo cak gundul yang di gading gua pernah juga yul. emang kepiting mantep, gede dan berisi. tapi bumbunya i kurang suka yul. kebanyakan pake saos murah. warnanya aja sampe merah begitu. hihihi... lebih enak yang ini deh yul. coba deh... wakakkaka....

Gua juga dulu belajar dari nyokap gua milih n membunuh si kepiting itu. gua liat dari dia gua belajar. Kan supaya ada regenerasi yul... sayang tuh kalo elmu nan berharga itu tidak diturunka, hehehe

eny mengatakan...

@ mami odi : weleh2 mam, mahal amat kepitingnya????? busyet deh... gua beli kemaren sekilo hanya 45 rebu saja. 6 ekor Rp. 67,500,- trus malah gua minta diskon n menjadi 65 rb. huhuhu makanya yang tinggal di indo harus bersyukur ya....

Kalo gua malah lebih suka milih yang jantan lho mam. tapi yang padat tentunya. lebih berasa makan kepiting. kalo yang telor dagingnya kurang. walopun kalo dikasih juga ga nolak sih, hehehhe

eny mengatakan...

@ pucca : hehehe kalo kepiting gua masih berani vi. soalnya kan dia terikat dan ga banyak bergerak. kalo ayam gua takut banget deh. mendingan beli yang udah dipotong di pasar. hehehe

Maya mengatakan...

gile ..tuh kepiting menggiurkan sekale..

eny gw salut bangeth deh ama loe, jago masak...

gw ga nolak kok diundang makan kepiting juga wkwkwkw

Selvi mengatakan...

selvi hadir...
etelah gua liat buku alamat teman blog ternyata komplek elo dan elisa seberangan. hahaha...payah deh ingatan gua soal alamat. coba elo tanya gua harga minyak sayur 2 Liter pasti gua hapal :)

Kepitingnya mengoda banget, hmmm pasti nikmat. Gua rela deh kolesterol naik demi makan tuh kepiting wkwkwkwk.

So lain kali masak, jangan lupa sms dulu dan gua langsung meluncur. ok?

luvly7 mengatakan...

Hahahhahaha ... kalo gue mendingan beli jajan aja deh En :) kecuali laki gue minta gue masakin or gada resto yang buka, gue baru berburu ke pasar buat belanja kepiting ini :)

dari sharing elu, keknya elu bener2 expert masak ya En? Sampe apal cara milih kepiting segala .... wakakkkakkakkk

eny mengatakan...

@ Maya : Iya emang enak may. dicoba yukkk

@ Selvi : hehe... coba gua test, harga minyak goreng 2 L berapa sel? wakakakakka...

Tar kalo ada kepiting isi lagi deh. masalahnya ibu blogger begitu banyak. pusing juga kalo musti undang semua. bagaimana kalo gua bikin kuis, hadiahnya makan kepiting ini sampe mabok deh. wakakakkaka.... tapi ga seru ya, cuman bisa blogger di jkt saja

@ Feb : hehehe, iya pas kemaren ke pasar pas ada. Lagian laki gua juga emang seneng kalo dimasakin istri tercinta **tzaaahh... bahasa gua**

once_alifetime mengatakan...

Oh, jadi tetanggaan toh kitanya:) Kalau setelah adegan ada ajakan selanjutnya buat icip2 mauuuu, tp kalau nonton adegan seramnya doang takuttt:)

bebek mengatakan...

en,..
gw copy yah resep kepitingnya...
hihihi liuran nih gw liatnya...

eny mengatakan...

@ bebek : silakan bek, di copy aja, hehehe.. Thanks ya udah mampir. Tar gua kunjungan balik deh :)

@ elisa : so pasti akhirnya icip2 duonk :p