Kamis, 16 September 2010

Tuhan Ada di Hati

Menjawab pertanyaan lena, tadinya udah ngetik di commentnya lena. tapi koq jadinya panjang banget ya... Akhirnya dibikin posting sendiri aja di sini. wakakakka...

Lena, dea juga pernah mengeluhkan hal yang sama. waktu itu sekitar umur 3 thn lah. Dari kecil ga pernah gua takut2in. Eh, suatu hari ada pembantu sotoy **mbaknya temen gua** yang nakut2in dia bilang setan pocong dan sejenisnya. dia jadi takut. **sebel banget gua, langsun si mbak gua ocehin**

Akhirnya Dhea juga gua kasih penjelasan begini len.
Ga usah takut Dhea. Dea itu kan anak Tuhan. Tuhan Yesus itu paling hebat, semua-semua kalah deh. setan kalah, orang jahat kalah. Tuhan pastilah jagain anakNya. Kan Dia sayang sama Dea. Dia adanya dalam hati dea. di sini nih ***nunjuk2 dada dea***.

Tuhan ga keliatan, tapi bisa dirasakan. Kalo dea takut dea bilang aja sama Tuhan Yesus dalam hati dea. Tuhan dea takuuut... Tuhan pasti denger. Tapi emang suaranya ga kedengeran kenceng gitu. nanti orang2 pada takut semua lagi. pada lari deh ketakutan... hehehe **dia ikutan ketawa*** Bener ga? **dia ngangguk-ngangguk - kadang anak harus diajak diskusi dampe dia ngerti n masuk gitu***

Tuhan ada koq, bicaranya dalam hati. pasti dea bisa rasain. Dea bisa denger ga? **dilatih** Mami aja bisa rasa. Mami dijagain. Dea juga pasti dijagain karena dea anak kesayangan Tuhan...Lagian anak Tuhan tuh ga bole penakut. Wong Tuhan kasih keberanian sama kita. Kalo kita sama-sama Tuhan, ga perlu takut. dia kan hebat! . bla...bla... dengan model seperti lagi cerita aja len.

And its works lho len.

Suatu kali waktu dea nginep di Bogor, terjadi pembicaraan seperti ini :
Dea : akong, Dea nanti mau ke dufan lho sama mami papi. Akong mau ikut ga?
Akong : Engga ah
Dea : kenapa ga mau. enak lho...
Akong : akong takut ke dufan. ** menjawab sekenanya **
Dea : akong kenapa takut? kan dalam hati akong ada Tuhan **sambil nunjuk-nunjuk dada akong** Tuhan itu kan hebat. ***dengan gaya yang sanagt sok tau***
Akong : ??? ***bingung mau jawab apa*** diketawain sama si pho pho, kalah ngomong sama anak kecil.

Di waktu lain, pulang sekolah terjadi pembicaraan seperti ini :
Mami : Dea, tadi makannya abis ga? **sambil buka tas dea**
Dea : abis **tapi mami liat dia kaya ragu-ragu gitu, mungkin ga konsen. dia in the middle doing something **
Mami : bener ? dea abisin sendiri ato bagi temen-temen?
Dea : abisin sendiri
Mami : bener? **bertanya menyelidik**
Dea : mami coba tanya aja sama Tuhan noh, bener apa engga? Kan Tuhan ada dalam hati mami.
Mami : Lol! ????

Pernah kejadian berikut:
Ceritanya ieie sinta (adik mami) pergi jalan-jalan ke Jogja sama temen2nya. Pas di bandara kan mami yang mau jemput, jadi kita telp2an. Trus dea ribut mau ngomong juga. Telp dioper ke dea. Si kepo itu nanya perginya sama sapa aja? ada susuk leo **tunangan ieie sinta** ga ? trus telp dioper lagi ke susuk leo (SL), dan terjadi pembicaraan **telp gua loud speaker** :
Dea : Susuk, koq susuk leo jalan-jalan ga ajak-ajak dea sih?
SL : Iya nih, kan ga bole ajak anak kecil, kan anak kecil belom bole naik pesawat. **menjawab sekenanya**
Dea : Susuk leo Bohong! Koq anak kecil ga bole naik pesawat. orang aku udah pernah naik pesawat sama mami ke bali. Susuk leo koq bohong kan ada Tuhan di hati susuk leo. kalo bohong masuk neraka lho!
SL : **kaget, salting** Hah? hah? sin! sin! ga tau nih si dea ngomong apa nih? ga kedengeran! trus telp buru-buru dioper ke ieie sinta lagi.
Menurut laporan dari ie ie sinta sl muka merah maluu dan salting. Hehe... plus udahannya dimarahin ie ie sinta juga kenapa musti boong. wakakakkaka.... lucu banget deh kalo inget. susuk leo ga pa pa ya, melatih kalo nanti punya anak ga bole ngomong sembarangan lho... ntar diceramahin lho... wakakkkkakaka

Begitulah sharing dari gua len. Semoga membantu :)

12 komentar:

Pucca mengatakan...

haha anak kecil emang polos ya, padahal biasanya ngomong ama anak kecil kan orang sekenanya aja :D

Cyntha mengatakan...

hahaha...lucu banget dhea nasehatin khung2nya :D

enysusanto mengatakan...

@ pucca : iya vi, hehehe... zaman sekarang udah ga bisa lagi ngomong sekenanya. bisa-bisa diprotes n diceramahin tuh.. wakakkka

@ cyntha : iya nih... jaman udah terbalik. wakakkakaka

Ah Boy's Mom mengatakan...

wah... thanks ya sharingnya. Akan gw praktekin ke nathan. gw sih udah kasih tau, ada Lord Jesus jadi jgn takut. tapi tetep aja kmrn itu jadinya gw temenin dia, karena dia blg takut.

enysusanto mengatakan...

@ lena : Iya len, ga 1 kali dijelasin dia langsung ga takut sih. Semua ada proses. Tapi kalo lu tanamin berulang2 itu akan masuk dalam pikiran dan hatinya dan jadi satu kebenaran / pedoman buat dia. Dea juga pake proses. itu gua cerita setelah jadinya, makanya bisa terjadi percakapan2 seperti itu. hehehe

So, keep trying...

Shee mengatakan...

hahha..gw baca jadi inget masa lalu.. ember, anak kecil tuh cepet banget merekam apa yang diomongin sama orang2 dewasa ya.. apalagi Dhea.. kadang suka lupa kalo umurnya baru 5 tahun.. abis taunya dah kayak orang dewasa sih..haha

Arman mengatakan...

dea pinter ya...

si andrew juga suka takutan kalo disuruh tidur sendiri. katanya ntar ada monster. gua juga udah bilang2in monster itu gak ada. cuma ada di tv. trus kan ada Tuhan Yesus yang jaga Andrew. kan udah berdoa. gitu2 deh. tapi tetep aja besoknya gitu lagi. hehe. untungnya gak tiap hari sih begitu. kadang2 doang...

eny mengatakan...

@ shinta : huehuehue.... anak jaman sekarang beda sama kita dulu ya sin. Masih culun n mau aja diboongin, huehueue.. ga usah lu, gua aja kadang suka tercenang ngedengerin ocehan dia. ntar gw posting lagi beberapa kekepoan dia yang bikin gua bengong. btw, at least susuk leo jadi kapok ga boongin anak kecil?? wakakakka

eny mengatakan...

@ Arman : Iya, ga langsung koq man. adakalanya juga dia takut, tapi gua berulang2 ngomong hal yang sama. Lagian biasa dia takut karena pernah meliat. Waktu kecil dea ga ga pernah gua kasih nonton film horror. kalo muncul di tipi iklannya pun gua ganti channel or matiin.

Tapi sekarang udah umur segini udah susah sortir. ada yang miss lah. jadi kadang ketonton juga sama dea.

Untungnya udah ditanamin dari kecil ke dea. Udah jadi satu pegangan buat dia. Jadi efeknya ga besar. Gua semakin sadar menanamkan nilai2 ke anak sejak dini itu penting banget ya....

once_alifetime mengatakan...

Ha..ha.. Dhea itu lucu banget ya, pasti uncle Leo udah merah mukanya kayak kepiting rebus:)

bagus tuh, jadinya Dhea pemberani. Good job, mom!

Mami ODI mengatakan...

Good Mom pisan.

eny mengatakan...

@Elisa : Iya lis. hehehe... kasian juga si susuk leo

@ mami ODI : thanks ya mom, hehehe jadi maluuu..... padahal ga ada maksud lho. cuman mo sharing aja :)