Senin, 05 Januari 2009

Kisah Akhir Tahun dan Sebuah Resolusi di Tahun yang Baru

Hi temen2, akhirnya bisa posting lagi setelah sekian lama absen dari dunia per-blog-an, hehehe...
Gimana kabarne? liburan pada jalan2 semua ya?

Kemarin sempet ada banyak yg mau gua tulis di bloq. Cuman berhubung liburan, malah jadi tambah sibuk, ga sempet-sempet mampir ke blog ini. Jadi pada ilang semua tuh ilhamnya, huahuahua...

Review akhir tahun kemaren, lumayan banyak kejadian-kejadian. Mulai dari bday gua yg ke-28 jatuh pada tgl 21 Des kemaren, oh my God, udah tuir juga neh. Rasanya baru kemaren gua pake seragam putih abu-abu, huehueheu...

Ada natalan, Perayaan natal tahun ini pas jatuh di hari yang sama dengan ulang tahun gua, tgl 21 Des juga. natalan kita bertema "bersama berbagi kasih". Jadi kita ngumpulin duit sama-sama dari jauh-jauh hari buat bikin paket-paket sembako yg mau kita bagiin ke orang-orang yg kurang beruntung di sekitar kita. Jadi budget perayaan ulang tahun gua juga dialokasikan di sini aja. Tidak ada pesta buat tahun ini. Sepertinya ini lebih berarti :)

Setelah sibuk sebulanan, kita rame-rame bungkusin beras 5 kg, gula, minyak goreng, susu kental, kopi, teh, sandal jepit, sabun & odol. Kita masukin ke kotak-kotak paket natal. Akhirnya tibalah saatnya kita bagiin paket ke tukang ojek, rumah-rumah pra sejahtera di cengkareng belakang, satpam, dan orang-orang yg direkomendasikan untuk mendapatkan paket. Waktu melihat ekspresi mereka gua terharu banget.

Ada satu ibu tukang cuci yg tinggal sama anaknya yg udah 18 tahun, tapi anaknya cacat. Rumahnya, ya...ampuuun... bener-bener tidak layak. Temen2 gua yang cowo aja sampe ga kuat menahan air matanya waktu mendoakan mereka. Emang ya, kadang-kadang kita harus terjun untuk melihat dan melayani orang-orang yg pra sejahtera itu, supaya mental kita dipecut. Mungkin selama ini kita hidup terlalu enak, nyaman, sampe kita lupa bersyukur, yg ada kita malah sering mengeluh, mengasihani diri. Aduh, bener-bener deh, hati gua rasanya begimana gitu. Ga bisa gua ungkapin lagi. Gua cuman bisa say... Thank you Lord...

Teringat beberapa waktu sebelumnya, ada satu peristiwa yang bikin gua shock. Sesuatu yang selama ini ga pernah gua bayangkan, bahkan terlintas aja engga. Gua begitu percaya dan mengasihi orang ini. Tiba-tiba ada satu kejadian yg menyebabkan sesuatu terbongkar dengan tanpa sengaja. Ternyata.... gua bener2 shock. Hati gua hancur. Gua ga pernah menyangka. Koq tega banget sih? Koq bisa sih? Bener2 siapapun yang mengenal gua dan orang ini ga akan menyangka deh... Gua bener2 ga bisa cerita masalahnya.

Gua menderita banget. Secara gua ini orang yg terbuka. kalo ada masalah biasa gua selalu cerita ke suami or pemimpin rohani gua supaya gua bisa berbagi beban, lega, dan mereka bisa membantu dan mendokan gua. Kali ini gua ga bisa cerita. Karena gua begitu mengasihi orang ini. Gua sayang banget sama dia. Firman Tuhan bilang kasih menutupi segala sesuatu. Saking gua mengasihi dia gua harus menutupi kesalahan dia. Gua takut kalau gua cerita, dia tidak akan punya muka lagi. Mungkin hidup dia akan berantakan karena penghakiman dari orang-orang sekitar. Dan mungkin tidak ada kesempatan lagi buat dia bertobat.

Akhirnya sakit & pahitnya itu gua telen sendiri. Bagi gua rasanya berat banget. Tersiksa. Walaupun gua udah beresin sama yang bersangkutan secara pribadi dan dia udah ngaku dan minta maaf dan bilang akan bertobat dan ga ngulang lagi. Gua pun udah bilang gua mengampuni dia. Tapi koq rasanya dada gua sesak ya kalo gua inget lagi. Air mata gua mengalir sendiri. Gua jadi orang yg rapuh. Kayanya rasanya sediiih banget & melow terus. Semangat gua abis. Gua seperti kehilangan separuh jiwa gua. Walaupun gua selalu bilang dalam hati gua, Tuhan gua ga salahin Tuhan, tapi koq gua jadi males berdoa. Gua males baca Firman Tuhan dan gua males ngurusin anak-anak komsel. Kayanya gua ga ada semangat juang. Gua mengasihani diri gua sendiri. Gua merasa gua adalah korban dari semua ini dan gua orang yg tersakiti.

Sampe akhirnya, di khotbah hari minggu. Sebenernya karena gua lagi down gua rada males2an mendengarkan khotbah. Gua ga terlalu nyimak dia ngomong apa. cuman denger sambil lalu aja.
Tapi tiba2 si pengkhotbah bilang, hai jemaat, jangan cengeng dong! Ada masalah dikit kecewa, ga mau berdoa, ga mau baca Firman. Tau diri dikit dong! Tuhan udah begitu baik sama kita. Saya juga memaksa diri saya bangun pagi untuk berdoa karena saya merasa saya ga tau diri kalo Tuhan uda begitu baik!.

Gua bener2 tersentak. Ih, koq kayanya dia ngomong sama gua ya? Ajaibnya bagian itu yg gua denger jelas banget. Gua tau itu Tuhan yang sedang bicara sama gua. Oh, Tuhan gua bener2 ga tau diri banget ya. Ada apa2 selalu Tuhan yg jadi kambing hitamnya. Padahal Tuhan udah begitu baik dalam hidup gua. Langsung teringat kejadian2 kebaikan Tuhan kaya video di pikiran gua.
Air mata gua meleleh lagi. Gua sadar kalo gua jauh dari Tuhan, yg rugi ya gua sendiri.
Ampuni saya Tuhan. saya mau bertobat Tuhan.

Gua tau Tuhan sayang banget sama gua. Dia ga membiarkan kejadian ini berlarut2 lama. Cuman 1 minggu dia langsung kasih teguran ini ke gua. Gua tau banget kalo gua membiarkan ini lebih lama lagi hidup gua sendiri yg bakal rusak. Mungkin karakter gua akan berubah jadi orang yg sensitif karena gua mengasihani diri gua sendiri. Gua selalu merasa gua sebagai korban, yg tersakiti. Mungkin orang2 di sekitar gua ga akan menjadi nyaman lagi berada deket2 gua. Mungkin keluarga gua sendiri akan rusak dan terganggu dengan sikap dan respon gua ini. Mungkin gua akan menjadi orang yang menyebalkan. Jadi gua bener2 bersyukur buat teguran ini sebelum semuanya keburu terlambat.
Dan gua mengambil komitment untuk tahun ini, gua akan bangkit lagi. Gua mau lebih lagi hidup gua dipakai Tuhan buat orang2 disekitar gua, gua mau semangat lagi.

Sudah cukup rasa sedih karena kejadian ini. Gua ga mau berlarut2. Gua mau mengampuni dengan sempurna. Gua ga mau ingat2 lagi kesalahan orang ini. Gua mau tetap bisa percaya dan mengasihi dia seperti waktu gua belum tau apa2. Gua ga mau lagi lihat ke belakang.

Buat temen2 lain yang mungkin lagi ngalamin hal yg sama, sakit, pahit, dikhiatani, yuk sama-sama kita lihat dari sudut pandang yang positif.
Gua percaya kejadian kaya gini adalah bagian dari sekolah kehidupan kita. Karena ga ada satu kejadian pun yg bisa terjadi tanpa diijinkan Tuhan. Kita cuman perlu merelakan hidup gua diproses. Pasti ada hikmahnya koq.

Apapun yang terjadi, ajar saya Tuhan untuk punya respon yang benar, cara pandang yang benar. Gua mau lulus sekolah kehidupan ini dengan nilai bagus.

Happy new Year buat semua. Maju terus buat tahun 2009, pantang mundur selangkah pun. Cia Yo!

1 komentar:

Pucca mengatakan...

28? mau donk hehe.. gua mau ultah 28 lagi huehehe :P
met ultah ya eny :)
memang, memaafkan lebih mudah daripada melupakan..