Senin, 18 Mei 2009

Sop Daging Sapi Ala Mama Dhea

Sesuai request dari Viol, dan juga emang di rumah pada doyan banget sop ini, Jadi hari minggu kemaren gua bikin lagi si sop ini. Dan tak lupa langsung di foto & posting resepnya ya.





Bahan :
250 gr daging sapi (biasa gua suka bagian sengkel, soalnya ada tekstur urat2 nya dikit, tapi boleh juga daging rendang yg ada di carrefour, ya selera lah bagian yg mana)
3 butir kentang sedang ukurannya, kupas, potong jadi 8 bagian
3-4 batang wortel lokal, kupas, potong 1-2 cm
beberapa lembar kol, potong kotak besar
2 buah tomat merah, belah 8 masing2
1/2 butir biji pala
1 btg kayu manis
2 buah bungalawang
4 butir cengkeh
2 btg daun bawang, iris 1 cm
2 siung bawang putih, iris tipis
3 butir bawang merah, iris tipis
lada halus secukupnya
garam, gula secukupnya
seujung kuku penyedap, hehehe
sedikit minyak untuk menumis

Caranya :
- Potong daging sesuai selera, masukan ke dalam air mendidih beserta biji pala, kayu manis, bungalawang, dan cengkeh. Masukan kentang & wortel, garam, gula dan lada bubuk. Supaya praktis gua pake slow cooker. Enak deh, sebelom berangkat gereja semua gua cemplungin. 2 jam kemudian pulang dari gereja udah empuk semua, bersamaan. kaldunya tidak berkurang dan pastinya lebih sehat karena pot nya kan dari keramik gitu. Ga boros gas.
- setelah semua empuk, pindahin ke panci biasa, nyalakan api, masukan potongan kol & tomat.
- sambil merebus, panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan irisan daun bawang, aduk hingga layu, matikan api.
- Cemplungin semua tumisan beserta minyaknya ke dalam rebusan sop.
- Kecilin api, koreksi rasa. Kalo kurang tambahin garam, gula dan sedikit penyedap.
- Matikan api. tutup sebentar lalu sajikan panas di mangkok dengan nasi panas.
- Supaya lebih afdol, pas mau makan kadang suka gua tambahin sambel cabe rawit dikit.

8 komentar:

Pucca mengatakan...

wuaaahhh..enak nih en, gua langsung copy, nanti kalo udah ada bahannya mo gua masak :D
tapi itu bungalawang apa ya en? gua gak tau.. trus mesti pake slow cooker ya? gua gak ada tuh, kalo pake panci biasa takutnya dagingnya gak empuk ya?

twinsmommy mengatakan...

En bunga lawang kayak apa tuh? kayaknya enak tuh sopnya. Nih bumil juga rajin bener, kalo g mah dah tinggal mangap aja (Istilah si LC) pas lagi hamil mah... yg ada hunting makanan mulu. Makanya abis lahiran sisanya banyak banget depositnya di badan hehehe

yenni 'yendoel' mengatakan...

sopnya segar,,, jadi kepengen!

LeNa mengatakan...

Seger banget tuh keliatannya. Hebat euy mommy yg satu 1, biar lg hamil, masak jalan teruuuuss.

美鈴 &彩香 mengatakan...

baca blog u, jadi kepingin makan sup sapi nih...jadi nyempetin ngintip ke kulkas, tnyata masih ada sisa daging, ya udah deh cemplungin...hihi, thx
btw, pny u menggiurkan...nyam nyam

Mommy Axel mengatakan...

Bunga lawang itu apa ya En?? Kalo bikin sop ini, gue biasanya ga pake bumbu apa2, cuma garam lada micin doank, ama daun bawang ama bawang goreng. Cuma gua seneng serotin jagung manis. Terus ga pake tomat juga. Dan lebih sering pake ayam, walaupun bener sih, pake sengkel lebih enak. Bikin soto juga enakan pake sengkel yahhh.. hehe..

enysusanto mengatakan...

@ Viol : Silakan dicopy dan dicoba vi :)

Bungalawang itu bentuknya bunga kering warna hitam, biasanya kelopaknya ada 8 (miri bintang laut juga, hehe. Di tukang bumbu pasti ada, kalo di carrefour juga ada bagian bumbu2 kering.

Emang lebih enak pake slow cooker, kaldunya ga nyusut, trus daging kentang dan wortel mateng bersamaan dan ga hancur bentuknya. Tapi kalo ga ada pake panci biasa juga bisa. tapi dagingnya dimasukin duluan dengan api kecil. udah semi empuk baru masukin kentang wortel. kalo udah empuk semua baru masukin kol dan tomat. hehehe.

enysusanto mengatakan...

@ Liza : hehe banyak yg nanya bungalawang ya. Itu penjelasannya ada di comment buat viol ya. hehehe, iya neh masak yg simple2 aja. memotivasi diri biar ga keterusan males, hehehe

@ Yendoel & Lena : Ayo dicoba, enak lho, seger :)

@ Mei xiang : hehehe selamat makan. Yuk kita menggiurkan ibu-ibu blog yg laen, hehehe

@ LC : kalo sop ayam bumbu gua beda lagi el, hehehe, kalo sop jagung lebih beda lagi, hehehe. Ntar kapan2 deh gua posting resep sop jagung sama soto ala mama dhea, ok!