Senin, 09 Agustus 2010

Nasi bakar ala mama dhea (skrg + Timmy)



Hehehe... mumpung udah bisa punya waktu luang, kembali posting masak-masakan ...

Hari ini mami bikin nasi bakar. Udah lama lho ga bikin-bikin beginian. Rasanya yummy lhooo ....
Ini dia resepnya ...




Bahan :
Nasi Putih Pulen (masak di rice cooker) tadi pagi gua masak 6 gelas
100 gr ikan teri medan asin, goreng kering
daun salam
5 batang sereh, ambil tengahnya, potong-potong sekitar 5 cm, abis itu belah 2.
6 ikat kecil daun kemangi, petikin daunnya
1-2 genggam cabe rawit ijo belah dua (banyaknya cabe sesuai selera aja)
1 kotak kara kecil (yg keciiil banget, yg bentuk kotaknya segitiga)
Daun pisang untuk bungkus.
Tusuk gigi (Karena males dan susah gua slalu pake steples)
garam, gula secukupnya

Bumbu yang dihaluskan untuk nasi :
1 genggam bawang merah (kira-kira aja)
4 siung bawang putih
1 ruas kecil kunyit
1 ruas besar lengkuas

Bahan isi (balado kentang daging):
- kentang potong kotak2 goreng hingga matang
- daging dada ayam potong kecil2 / kalo ga ada ayam gua ganti dengan udang kupas
- telur puyuh rebus (Optional aja, soalnya dea doyan telur puyuh)
haluskan :
3-4 butir bwg merah, 2 siung bwg putih, 1/2 butir tomat gede. 100 gr cabe merah kriting, garam, gula, penyedap secukupnya.

Cara membuat isi:
- buat isinya dulu, tumis sambal balado dengan minyak secukupnya sampe wangi, tambahkan garam, gula, penyedap jika suka. masukan ayam / udang, masak hingga matang. Tambahkan kentang goreng dan telur puyuh. Aduk rata. sisihkan.

Cara membuat :
- Tumis bumbu nasi bakar yang sudah dihaluskan, masukan sereh, daun salam. tumis hingga wangi.
- Tambahkan santan kara kecil tadi, masak hingga santan matang.
- Tambahkan nasi putih, garam, gula secukupnya. micin seiprit, daun kemango. aduk sampe rata dan daun kemanginya layu.
- taburkan teri goreng, aduk rata lagi.
- Sampe sini gua ambil secukupnya buat dea (belom dikasih cabe). Sesudah jatah dea diambil barulah taburkan cabe rawit ijo yg udah dibelah-belah tadi. Hmmm.... sedep deh.
(sambil ngetik gua nelen ludah lho ngebayangin nasi bakar yg tadi udah masup dalam perut).
Nah, adonan nasi bakar udah jadi. sekarang bungkus.
- siapkan 2 lembar daun pisang yg cukup lebar. Yang sebelah dalamnya berhadapan. Jadi maksudnya yang warna ijonya lebih tua di luar.
-taro beberapa sendok makan nasi, trus 1 sendok isi, tus nasinya lagi. teken menggunakan daun hingga padat, trus bungkus dah. Steples salah satu ujung, trus balikin, teken2 lagi ujung sebelahnya, gunting sisa daun, steples lagi. Gua ga bisa pake tusuk gigi, selalu di pinggir yg daunnya lebih tebel jadinya robek2. Alhasil gua pake steples saja. kalo dea mau makan gua yg bukain n buang steplesnya.
- bakar di atas panggangan sampe daun kecoklatan dan keluar wangi-wangi sedep gitu. Kalo gua pake kuali teflon kotak kaya happy c*ll. Tapi gua punya merek signora. pancinya tebel dan berat. mama gua beli yg happy c*ll gua liat lebih tipis dan enteng. udah lama belinya mungkin sekitar 4-5 thn lalu. masih awet sampe sekarang. sebelah buat grill (garis2), sebelah polos. Penampakan seperti di samping ini.

- Tadi jadinya 17 bungkus. Tapi bungkusan yg gua bikin gede2 banget. Pokoknya jibeuh dah (hiji ge seubeuh). Maksudnya cukup makan satu udah kenyang. + 3 bungkus nasi bakar punya dea, bikinnya kecil2 sesuai porsi dia. biar beda juga yg pedes n kaga pedes. Punya dea isinya kentang daging kecap.

Ok, sekian resep dari gua. Mudah-mudahan membantu. wakakaka....

4 komentar:

yenni 'yendoel' mengatakan...

kayaknya yummy banget... belom pernah makan nasi bakar yg dibungkus daun pisang. kapan2 bertandang ke rumah dhea dan timmy, dibikinkan yah..hehehe!
soalnya di sini gak bisa nemu bahan2nya, termasuk daun pisang...

enysusanto mengatakan...

iya lho yen, yummy. ayo, ada planning mo ke indo ga? ntar gua bikinin deh...
Duh, kalo gua di sana pasti menderita neh, secara gua pecinta masakan2 indonesia yang kaya akan wangi bumbu rempah2. hehehe ...
kalo di sini mah banyak bahan-bahan itu bertebaran di pasar. kekekeke....

Yulian mengatakan...

ngileerrrrr niihh sore2 mampir liat nasi bakar. gw demen banget tuh nasi bakar cakalangnya bogana milka hehehe

Signora gw pake panci presto + mixer nya, oke bgt tuh. Keknya grill nya jg pastinya mantep n kokoh ya, En.

enysusanto mengatakan...

@ Yul : iya yul, kalo di pasar lagi ada ikan tuna gede, gua suka beli dagingnya trus di oseng2 kering pake bumbu balado juga, tapi suka gua pakein daun jeruk. kalo udah kering gitu taro wadah tertutup masukin kulkas, awet koq. Kadang buat isian roti toast, jadi kaya sandwich gitu, nasi goreng, kadang juga suka gua jadiin isi nasi bakar. Cakalan sama tuna sama kan ya?

Grill nya signora emang kokoh dan awet. ya kekurangannya kalo dibalik air sisa panggangannya bisa netes keluar. Kalo happy c*ll gua liat iklannya di tipi kan engga tuh ya. bener ga sih?