Kamis, 11 Maret 2010

Update semuanya hehehhe

Ga kerasa, hari ini timmy udah 2 bulan 11 hari ya? Kaya waktu cepet banget berlalu. Rasanya baru aja kemaren gua masih hamil gede, sekarang anaknya udah 2 bulan lebih.

Update Timmy pas 2 bulan :
- Pas ke dokter tanggal 16 Feb kemaren yang mana 1,5 bulan, berat Timmy udah 5,5 kg, panjang 57 cm. Sekarang belom nimbang lagi. Jadwal ke dokternya tanggal 17 besok.

- full ASI, ga dicampur sufor sama sekali. Minum ASI udah 120 cc 3-4 jam sekali. Kalo siang kadang suka sisa 10-20 cc. Tapi kalo malem dikasih 120 cc, udah abis masih nyari2 kadang nangis pengen lagi. ditambahin 30-40 cc lagi abis juga. Tapi tidurnya bisa bertahan 5-6 jam. Misal jam 9 minum 120 cc, bangun lagi jam 12 minum 150 cc, bangun lagi jam 5.30 pagi. Kadang jam 9 dikasih 120 cc suka masih nangis mau lagi ditambahin 40 cc abis, bangun lagi jam 3.30 pagi. minum 120 cc bangun lagi jam 7 pagi. Lumayanlah, maminya jadi ga cape bolak balik, sekalian lama. cuman kalo dia ga bangun kadang gua emang bangun buat mompa ASI.
Sekarang udah enak, sekali mompa bisa dapet 250 cc cuman dalam waktu 15 menit. keluarnya uda kaya pancuran, jadi cepet. Gua mompa setiap 6 jam sekali, jadi sehari 4x pompa. Dapet 1 liter dong ya penghasilan gua, hehehhe...

- Gua pernah nanya sama suster di rs, katanya bayi bagus ditidurin tengkurep. Lebih bagus
untuk jantungnya dan pertumbuhan otaknya lebih maksimal. Tau bener ga, gua coba praktekin.
Ya bagi gua sih lebih baik karena Timmynya jadi ga sering kaget, tidurnya nyenyak banget, bisa sampe 4 jam. Tapi jadinya sekarang ga mau tidur terlentang. Jadinya gelisah. suka kaget. 15 menit bangun, nangis, ditepok2 lagi, 15 menit bangun lagi. Jadinya kalo tidur selalu posisi tengkurep. bahkan waktu ke gereja kan gua tidurin di stoler. eh dia ga betah, 15 menit bangun, trus gelisah. terpaksalah di stoller itu gua tengkurepin juga tidurnya. eh nyenyak banget lho. sampai ibadah selesai dia masih tidur. Sampe temen2 yg liat pada heran koq di stoller tidurnya tengkurep. hehehe...

- Dari 1 bulan kepala timmy udah nyundul2 tegak sendiri kalo lagi disendawain abis minum ASI. cuman selalu gua pegangin, ngeri kepelitek soalnya masih baby banget. Sekarang udah lancar tegak sendiri kepalanya. Udah ga maukalo digendong tiduran, terutama kalo ke tempat baru. maunya digendong model duduk ato ditempelin dipundak kaya mau disendawain. Tapi kepalanya udah tegak berdiri dan celingak celinguk melihat keadaan sekitarnya. Mama gua bilang dia "Lau kong" mau tau aja.... hehhee...kalo lagi tengkurep kepalanya udah bisa tegak sampe setengah badan, celingak celinguk.

- Pupnya udah rutin setiap pagi antara jam 6 - 8 pagi. Pupnya lancar n bagus. Warna kuning tekstur seperti bubur.

- kalo lagi bangun ga betah maen sendiri. Maunya diajak ngobrol. Kalo kita ajak ngomong dia bisa nyahut ooo, emm, aaaa. Kadang ketawa lebar, kadang dengan tampang serius banget, hehhe... lucu.

- kalo lagi tidur suka tiba ketawa sendiri bahkan sampe terkekeh2, lucu pisan.

- baju2 nya udah jangkis pisan, udah diberesin sebagian diganti sama yang ukuran lebih besar.

Update cc Dhea, umur 4 thn 5 bulan:
- Tugasnya masih sama, kalo mami selesai pompa ASI tanpa disuruh dia akan bawa ke bawah masukin kulkas. Bahkan kerjaan itu tidak bole dilakukan oleh siapapun. Harus dia. Kecuali pas tengah malem dia udah tidur ato dia lagi sekolah, ato dia lagi sibuk maen ada temennya.
Tapi kalo mau ambil susu untuk dede sekarang dilakukan oleh mami sendiri karena mami udah ga siapin per porsi minum per botolnya. Tapi dibotol Avent yg gede (uk. 250cc) Jadi kalo mau minum musti dituang ke botol sesuai dengan porsi. Jadinya dhea ga bisa lakukan itu.

- Masih sering kena marah sama mami, abis maminya kadang suka emosi kalo dhea mulai gangguin dede bobo. Ato susah dibangunin & dimandiin pagi2 kalo mo sekolah. Per jan kemaren kan dia mulai masik pagi. Jadi susah dibanguninnya. Kalo abis dimarahin mami dia suka minta
maaf, tapi mami suka sebel abis minta maaf melakukan terus menerus. Trus dia akan bilang mami dhea kan udah minta maaf, koq mami masih cemberut. Ketawa dong mami, kalo mami tetap pasang tampang kesel dia suka bete. Trus tambah berulah. Maafkan mami ya nak, kadang lepas kontrol, ga bisa nahan diri. Padahal di sisi lain dhea udah baik banget. Mami kan suka bilang, tolong dong dhea lain kali yang taat. Mami cape tau udah harus urusin dede, dhea, kerjaan, tambah lagi harus marah2 sama dhea. Kalo dheanya taat mami kan ga marah2. Trus
kemaren, pas malam mau bobo biasa kan suka mami elus2. trus dia bilang sendiri mami besok dhea janji dhea mau taat supaya mami ga cape. Dhea mau jadi anak good ma. Langsung mami seneng banget & peluk dhea erat2. tus besoknya pas susah dibangunin mami bilang katanya
kemaren mau jadi good girl. Eh dia langsung bangun lho. Trus siang2 dia bilang sendiri, mami hari ini dhea udah good kan? besok dhea mau good lagi ah. Pas sorenya dia mulai ga mau taat lagi, eh tiba2 dia bilang: o iya, dea kan mau jadi anak good. Dea mau taat mami. So sweet my girl. Walopun kadang masih ga mempan dibilangin, tapi mami mau inget2 usaha dhea to be good girl & mami very appreciate for that. Ntar malem mami udah janji sama dhea mau ngajakin jalan2 ke car4 beliin dhea coklat ani rese (maksudnya silver queen chunky bar) sebagai hadiah dhea udah jadi good girl seminggu ini.

- Kalo dede mau minum susu mami kan turun ke bawah. Kalo dedenya udah keburu nangis, mami teriak dari bawah, dhea tolong jagain dede dulu. eh, dia langsung tepok2 dede, ajakin dede ngobrol, nari2 buat dedenya. & sometimes it's work. Dedenya jadi berenti nangisnya. Pernah suatu kali sambil nungguin mami di bawah, dia joget2 sambil nyanyi2. Pas mami naik trus susuin dede, trus dia bilang, aduh dhea cape nari2 buat dedenya abis mami lama banget sih. trus mami say sorry sambil susuin dede. Tiba2 mami baru sadar koq ga ada suara lagi. Pas mami nengok si dhea udah tidur pules di kasur. Aih.... kasian banget anak mami, saking capenya joget sampe langsung ketiduran. Abis dia suka extrim sih jogetnya berlebihan banget, Cuman koq ya si timmy seneng aja ngeliatinnya, wakakaka.....

- Dhea baru mami masukin les kumon. Sekarang sih rajin bikin pr nya tiap hari, mudah2an
seterusnya tetap rajin ya nak

- Dhea udah bisa baca lho. Udah lumayan lancar. Cuman dia masih suka bingung kalo baca kata2 yang ada huruf 2 huruf konsonan berurutan. belom bisa dia.

Update mamanya:
Sekarang udah jauh lebih baik dan sehat. Udah ga sakit2 badan dan pinggang. Udah ada maid.
Minimal gua bisa fokus untuk urusin anak2 gua aja. Ga perlu beberes rumah & nyuci gosok &
bersih2 heheh... Gua emang maunya maid aja.

Sekarang gua masih memegang prinsip say no to bs Karena kalo ada bs pasti deh gua mulai serahin ke bs dikit2, lama2 gua keenakan jadi males & longgar. Padahal kan cita2 gua pengen mendidik anak gua sendiri, biar nilai2 gua yg gua tanamin buat anak gua bukan nilai2 dari si bs. Masa balita ini penting banget. Pembentukan karakter sama daya serapnya kuat banget di usia ini.Apa yang diajar itu yang akan tertanam. Gua ga mau kehilangan momen emas ini. Dhea juga dari bayi gua yg urus sendiri. dan gua merasakan sendiri hasilnya. Gua rela meninggalkan usaha gua. sekarang ga menjemput bola lagi, tapi hanya menunggu bola yg datang saja. Walopun omzet akan turun drastis secara usaha gua ini belom lama, tapi it's ok. ini kan cuman selingan. My kids jauh lebih penting. Jadi dengan ga ada bs gua memaksakan diri gua untuk konstan mendidik anak gua sendiri. Mudah2an bisa bertahan. Doain ye...

Pas hamil Timmy berat badan gua naik sampe 18 kg. Padahal sisa hamil dhea dulu masih ngendon 10 kg di badan gua. Jadi totall gua naik 28 kg dari sebelom hamil. Mengerikan.
Karena timmy lahirnya gede, 4 kg. gua udah ngebayangin abis lahiran timmy berat gua turun 8 kg, secara dulu dhea 3,4 kg aja berat gua abis lahiran turun 7 kg. Eh pas keluar dari rs, nimbang berat gua cuman turun 5 kg sodara2. sedih pisan. berarti pr masih banyak. ndut pisan. sampe ga pede kalo difoto.

Tapi cape pas kemaren ga dapet maid ada hikmahnya juga sih. ternyata berat badan gua malah
turun setelah pulang ke rumah. Mungkin dibantu penghasilan ASI gua yang seliter per hari itu juga jadi cepet turun. Sampe hari ini setelah 2 bulan lebih berat badan gua udah turun 15 kg, ato 10 kg sejak pulang dari rs. It means 3 kg to go before hamil timmy, but masih 13 kg to go untuk berat sebelom hamil dhea. Apa bisa? mudah2an lah, minimal 10 kg lagi. Cia yo!

Update Papanya :
Masih sibuk n sekarang juga kurusan. hehehe kasian si papi, udah cape maminya ga bisa all out ngurusin papi lagi. Ga ada lagi makanan2 kesukaan papi tertata di meja. Mami belom sempet, huehuehue... Ya.. mudah2an smakin hari bisa semakin stabil jadi mami udah mulai bisa masakin makanan2 kesukaan papi ya pi.... I love u.

12 komentar:

nattever mengatakan...

waw, hebat banget en lu bisa menghasilkan ASI 1 liter perharinya ckckck salut...
teruskan yaa...cayooo..

gua terharu nih baca si dhea begitu care sama ddnya sampe rela joget2 kecapean tus bobo, wakakak...so sweet banget yaah...

iya en, kalo ada BS, emang lama2 kita jadi hanyut karena terlena keenakan yah takutnya, tapi gua setuju banget ama lu, ngurus anak sendiri tuh kebahagiaan tak terhingga kok....salut deh ama lu bisa urus 2 anak sendiri...

yenni 'yendoel' mengatakan...

en, asik yah kalo asi berlimpah. aku dulu paling banter dpt 120-140cc.

yenni 'yendoel' mengatakan...

yang penting semua sehat yah En!
tau nih.. mertua gua malah gak bolehin anak ditidurin tengkurep. biasa,,,, orang2 jadul. katanya ntar kepalanya jadi bulet, jelek... ih...ada2 aja. katanya yg kepalanya (bag belakang) ceper baru bagus. kalo anak gua biarin tidur tengkurep, guanya yang direpetin, dibilang, ntar mukanya jadi ketindih2..jadi panjang, jadi jelek. duh..pusing gua, udah gitu, mertua itu ngomongnya sempat setiap hari. kalo dia dah mulai ngomong soal gak boleh tidur tengkurep, dulu gua sahutin "mana bisa gua bangun setiap saat ngecek dia tengkurep apa nggak. kan gua juga tidur..mana sadar.." lama2 ... tiap dia ngomong, gua diem aja. habis dulu tiap hari ngomongnya. (ini maksudnya waktu crystal dah gedean .. bukan saat bayi) gua sih percaya sama kata2 dokter2 jaman skrg drpd kata mertua

Yulian mengatakan...

hoaaaaaaaa....250cc sekali pump? saluttt En. gw dari dulu ga maju2 mentok di 100 paling byk 120 ml :(
makanya ga bisa asix :((

Dhea bener2 sweet cece yaaaa
Kalo Jeslyn masih moody-an, kadang mau bantuin, kadang kaga :P

Veny mengatakan...

Enn , ga pa2 berat badan lom turun yg penting lo & anak sehat dulu , kalo bisa tetep makan enak Enn , ha222

enysusanto mengatakan...

@veny: huaaaa... Kalo ga ada kontrol makan bisa tambah bengkak ven. ‎​​H³e³..:)H³e³..:DH³e³..=D™... Mengacu ke pengalaman terdahulu waktu hamil dhea, gua pas nyusuin asal laper makan mulu, jadinya masih nggendon deh tuh 10 kg di badan gw. Kali ini ogah ah, kalo ga diturunin sekarang2 susah banget turuninnya di belakangan hari. ‎​​H³e³..:)H³e³..:DH³e³..=D™...

@ yulian : iya yul itu juga bertahap koq. Ga langsung bisa 250 cc. Pas minggu2 awal gw cuman dpt 60-80 cc. Tus naik terus. Typ gw jg heran kali ini cpt bgt uda mencapai 250 cc. Soalnya waktu dhea sekitar 3-4 bln baru mencapai segitu. ‎​​H³e³..:)H³e³..:DH³e³..=D™...

@ yendoel: iya, mertua gw jg suka rada ngoceh2 kalo gw tidurin tengkurep. Katanya ntar mukanya gede sbelah, ntar dia ga bs napas. Tapi laki gw aja yg ngomong ke dia. Akhirnya dia nyerah. Walopun diem2 dia suka ngebalikin posisi2 tidurnya timmy, tapi abis dibalkin timmynya nangis. Suka bete jg sih orang lagi enak2 tidur koq. Cuman krn timmynya tiap dibalikin jadinya bangun mulu, skarang dia uda ga balik2in lagi.

enysusanto mengatakan...

@ natali: ‎​​thank you nat, u juga hebat euy masih asi sampe sekarang. Dhea dulu sampe 8 bulan doang. H³e³..:)H³e³..:DH³e³..=D™..., setuju nat. Kebahagian tiada tara bisa saksiin sendiri perkembangan anak dari hari ke hari. Selamat berjuang juga ya

Maya mengatakan...

pertama-tama....Selamat yah Eny atas kelahiran putra ke dua...(sorry gw telat bangeth)belakangan ini banyak alasan ga bisa komen2 gara2 internet di kantor lelet super duper, kompie dirumah rusak. jadi na cuman walking blog doank deh..

Dhea uda umur brapa en?..uda bisa les kumon, Olive juga gw pengen nanti pas 3 tahunan.

Anonim mengatakan...

hi Eny, ini Kiki Hakim... aku mulai blog baru di wordpress.. but I didn't really wanna put my data in it.. hope you enjoy reading my new blog at http://kikijournaldiary.wordpress.com/

Veny mengatakan...

Enn maap tadinya g pgn ngajak lo tp inget lo baru pny baby , apa iya lo bs keluar ? tadinya g dah mau contact lo via Blog lo tuh , ha22
laen kali de yah ..

eny mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
モバゲー mengatakan...

モバゲー利用者が集まるコミュニティ!!まったりのんびりSNSを楽しみたい方は当サイトをご覧ください。オフ会も用意してるので新しい出会いもあるかも