Rabu, 09 Juni 2010

Curhat tentang maid lagi...

Hai...hai....
Lama juga ya gua ga update, abis ga sempet2. tapi gua masih ngikutin perkembangan kalian loh temen2. walopun kadang udah telat, jadinya kadang mo ninggalin komen juga udah ga enak karena udah basi. hehehe... maap ya...

Bayangkan semenjak lebaran kemaren gua gonta ganti maid mulu. Duh bener2 capeee banget. bener bener abis duit banyak banget buat bayar penyalur sana sini, kaga ada yang garansi. Tapi apa daya... anak masih kecil kayanya gua ga sanggup kerjain kerjaan rumah tangga plus urus 2 anak sendiri.

Yang pertama gua ambil babysit, padahal waktu itu gua masih hamil 7 bulan. secara ada babysit tetangga gua yg nawarin temennya. Ga pake fee. Jadi daripada susah nyarinya ya... gua ambil aja. berhubung anak gua belom lahir ya dia ga ada kerjaan. Jadi tidur siang mulu. Sebenernya gua udah tutup mata aja. Tapi masalahnya ketangkep tangan panjang plus beberapa umpan dimakan. Duit yg sengaja di taro di kantong celana 2x, jam tangan laki gua, sama earphone hp gue raib. Alhasil si ncus hanya bertahan 3 minggu saja.

Kedua maid bawaan si acong. Umur 18 thn. Bayar ongkos ambil 400 rb. Katanya dah pengalaman tapi nyalain kompor ga bisa, setelah kerja 3 hari dia baru nanya ke gua, ci, kalo mau ber*k gimana caranya??? secara toilet di rumah gua model closet duduk semua. Haaa.... kagetlah gua??? jadi 3 hari ini kamu ga ber*k??? ampun deh... masih norak bin udik. Tapi gua sih ga masalah kan bisa diajarin. Anaknya sih nurut dan mau diajar. Tapi 1 minggu kemudian nangis2
minta pulang. Katanya kangen rumah. Gua bujuk2 malah nangis gerung2 n mogok makan. duh... pusing. Akhirnya dipulangkan.

Ketiga maid asal jawa dari penyalur di kebon jeruk. bayar lagi ongkos ambil 400 rb. Nah yang ini cekatan, kerja rapih, cepat dan bersih. trus bisa ngajak maen dea, bisa anter jemput dea sekolah. Dea ya juga seneng sama dia, mau dimandiin dan disuapin makan sama dia. Sambil maen. Jadi makannya selalu abis, padahal porsi udah gua tambahin. berbunga2 deh gua. si maid udah gua
beliin macem2, kasih baju, tas, etc. Kekurangannya kupingnya ga pernah lepas dari earphone. Sambil ngepel mulutnya ngoceh, sambil strika ngoceh sama temennya. sambil nyuci apalagi. Wong di belakang. Gua sih ga pernah negur karena emang dia kerjanya bagus. Seminggu sekali dia minta ijin ke mall palem yang cuman selangkah dari rumah gua bareng mbak dan ncus sekomplek (3-4 org). gua juga ga masalah. Sampe suatu hari dia minta ijin mau nginep di rumah
sodaranya (katanya) di bogor. sabtu pergi minggu plg. dan dijemput sama lelaki. gua tanya itu siapa? dia jawab kakak sepupunya. Gua liat ga mirip sama sekali dan gua takutlah. Trus ga gua kasih ijin. Nah dia rada ngambek. muka udah asem. Nah tambah sering telpan sama temennya itu. masalahnya gua kaga ngerti dia ngomong jawa. Cuman teh asa asa gua denger kayanya temennya nawarin dia kerja di konveksi. bisa pulang hari, lebih bebas katanya.
Akhirnya dia minta pulang. Ya... mau gimana lagi. Kalo hatinya udah ga disini masa mau dipaksa? Akhirnya pulang lagi setelah kerja 1,5 bulan.
Minta ganti sama si makelar udah ditelp-in 10 kali selalu alesannya lagi ga ada stock. Cape deeeeh

Keempat maid asal tegal dari acong. Karena masih garansi gua diminta bayar ongkos 200 rb saja. Sebenernya sih ga rela tapi terpaksa karena butuh. waktu itu gua udah hamil 9 bulan. Eh si mbak ini udah punya baby 6 bulan di rumah. Katanya sama ibunya sedangkan dia kerja karna butuh biaya untuk anaknya. Gua udah wanti2 serius kerja ato engga. kalo engga ga usah daripada bikin repot. dia keukeuh mau kerja. Pertama rajin. walaupun rada oneng. tapi setelah
seminggu bengong mulu. Sampe mandiin dea 1/2 jam belom ngapa2in. dia bengong di pojok si dea maen air. Masak air udah mendidih dicuekin sampe lama. untung bunyi jadi gua denger dari atas, teriak suruh matiin kompor. Gua udah liat gelagat2 ga beres. bener aja 2 minggu kemudian dia minta pulang, nangis, katanya kangen sama anaknya. sebelom ke sini katanya masih nyusuin anaknya. udah mulai kesel. Tapi apa daya. mau gimana lagi. Akhirnya kerjaan dia 2 minggu masih gue bayar untuk ongkos dia pulang ke tegal.

Kelima maid dari si acong juga, 16 thn asal cirebon katanya. gua bayar ongkos 150 rb. Ini yg paling bikin kesel.tanggal 31 desember pagi dia datang, sorenya gua ke rs melahirkan. Pas gua lagi kesakitan kontraksi ada telp dari rumah katanya si maid nangis meraung2 dan teriak2 manggil satpam yang lewat mau minta pulang. Arggghhh............. kesel banget. Dimarah2in sama abun by phone. Maid bukannya bantuin malah bikin repot. Akhirnya besok paginya langsung dipulangkan. Capeee banget. Alhasil gua pulang dari rs ga ada maid. And capenya...... air mata sering netes sendiri. Bersyukur smua sudah berlalu.

Keenam maid dari si acong lagi. Asal kerawang, 26 thn. tampag kurang meyakinkan. terpaksa gua ambil juga karena emang gua cape banget. Ada bayi n gua juga masih dalam masa pemulihan. Gua harus turun naik tangga, mandiin bayi sendiri, siapin aer n buang airnya sendiri, akhirnya gua ambilah maid ini dengan bayar ongkos lagi 100 rb. Pertamanya si maid kerjanya walaupun lelet tapi rajin. apa2 dibersihin. Jadi gajinya gua tambahin jadi 700K. Tapi saking gua baik2in trus gua cing cai banget, dia malah ngelunjak. kerjanya makin lelet, slow motion, males, semua barang udah berdebu dicuekin aja, ga sopan, keluar kamar mandi suka pake handuk doang, udah ditegur berkali2 tetap dilakukan. kemajuannya ya kalo pas laki gua ada di rmh dia ga berani, tapi kalo siang2 tetap andukan aja keluar dr kamar mandi. kalo nonton tv selonjoran di sofa. Make air boros banget, biasa per bulan gua bayar 500 k sama IKKR, sekarang jadi 700K. makannya cerewet, apa yang dikasih suka ga mau n dibuang begitu aja ke tong sampah. tapi giliran masak udang gede, kepiting, rendang minta nambah mulu. Sehari sholat mulu, sekali sholat lama banget bisa 15-30 menit. Alhasil kalo gua di atas trus ada tukang pos datang, gua harus tergopoh2 lari dari atas ke bawah untuk ambil surat. Ya kelebihannya emang si maid ini ga panjang tangan sih. Trus dia janda udah kawin 3 kali. OMG. pantesan aja rada genit. Pertama Kalo sore maunya nongkrong di pos satpam mulu. setelah gua tegur pindah nongkrong di depan rumah ngobrol sama supir tetangga. tapi anehnya ga bisa urusin bayi sama sekali tau males ato ga mau. katanya sejak lahir anaknya diurusin sama neneknya. Tapi gua emang ga mau
kasih timmy ke dia.

Kalo gua ajak kemana2, dea udah lari kemana dia slow motion jalan di belakang. trus kalo diajak makan di resto orang mah bantuin gua kek suapin dea ato gimana? ini mah asik2 makan berlama2. Sedangkan gua repot siapin n suapin makan dea, sambil sekali2 goyang2 timmy di stoller, sambil suapin diri sendiri. ga tau mana yang majikan mana yang maid. kalo di rumah masak, gua mani kan sibuk ngerjain ini itu sendiri dia malah asik2 nonton sinetron. Alhasil tiap kali senewen liat kelakuan dodolnya itu gua cuman bisa membatin. duh tahan2in deh. lebaran sebentar lagi. saking traumanya gua gonta ganti trus jadi takut ntar ga ada maid lagi gua pusing. biar gondok begini yang penting gua ga usah pusing kerjain nyuci gosok, ngepel, dan beberes.
Eh, selasa kmrn dia bilang dia mau kerja sampe bulan juli aja. dia mau istirahat dan puasa di rumah. Dengan hati gonndok gua masih bilang : yakin lu. Pikirin baik2 orang mau lebaran lu malah ga ada pemasukan. Lu pikirin baik2, kalo mau lanjut kerja yg serius sampe lebaran, kalo ga mau saya mau cari pengganti. Dia malah nantangin gua nyari. Oughhh.... begitu denger gitu
ga tahan lagi gua. mungkin dia tau gua butuh, saking gua ketakutan jadi bertingkah. Darah udah mendidih. Langsung gua telp di depan dia nyari2 pembokat. Pas sore2nya dia datang ke gua : ci saya udah mikir2 saya kerja sampe puasa aja deh. Langsung gua bener marah2. keseel banget, langsung gua bilang ga usah. sampe hari ini aja. emang kerja sama nenek moyangmu, bisa atur sendiri sampe kapan kerja, bla....bla....bla.... mentang2 saya ga pernah negur emang Kamu kira kerja kamu bagus bla...bla...bla.... gua sebutin semua kesalahan dia. berakhir dengan dia minta maaf dan pulang besok paginya. Jadilah dia kerja 4 bulan saja.

Langsung gua telp si acong sambil marah2. Gua bilang orang yang dibawa ga ada yg becus. sekongkol semua mau ngerjain gua. abis bener2 lagi kesel tingkat tinggi.

Kalo udah kaya gini semakin rindu sama si yani, maid lama gua yg nikah. setelah 4 thn gua ga pernah pusing dengan masalah maid karena yani baik banget plus selalu balik lagi setelah lebaran. yan.... dimanakah dikau. Hp udah ga aktip. Gua rasa udah dijual tuh HP.

Hari minggu kemaren si acong telp lagi mau bawain gua maid. gua udah males banget bin trauma juga, gua ga mau lagi. trus dia bilang kali ini dijamin ok, karena dia malu ati juga gua omel2in. katanya nama dia udah jelek banget di mata gua, jadi dia mau membuktikan bahwa dia ga sekongkol. Bahkan gratis pun gapapa. maksudnya ga usah bayar ongkos.

Pikir2 seminggu ini gua berasa cape banget. Pagi2 bangun masak air, bangunin dea, mandiin dea, kelar langsung terjun ke dapur siapin sarapan dea walopun cuman cereal ato olesin roti. siapin bekel, trus dea dianter sama ob di kantor ke sekolah. Abis dea sekolah pompa susu buat timmy. kumpulin botol2 kotor bekas semalem, cuci steril. terjun lagi ke dapur siapin sarapan buat si
papi. temenin papi sarapan sambil nyusuin timmy. Papi pergi mandiin timmy lalu boboin. terjun lagi ke dapur, masak nasi plus lauk pauk untuk makan siang. Kalo papi ke customer kan ga pulang lunch gua cuman masak sop aja yg gampil. kelar masak baru mandi. Dea pulang. timmy bangun. suapin dea sambil gendong timmy pake cukin. susuin timmy, nyuci piring. trus tidurin timmy, dea les kumon. gua baru nyuci baju pake mesin. ngejemur, nyapu beberes, ngepel. kalo ngepel atas timmy gua taro di box, kalo timmy rada nangis2 dikit gitu, sambil ngepel kudu sambil liatin dia sambil ngajak ngomong. kalo ngepel di bawah timmy taro di stoler. sama sambil diliatin n diajak ngomong. baju rumah ga gua gosok, cuman dilipet2 aja. Baju pergi n kerja papi udah menumpuk kaya gunung n kalo dipandang bikin stress. begitulah gua seharian sampe larut malam. rata2 jam 12 malam gua baru bisa tidur. dan rasanya badan remuk redam.

Akhirnya ga ada pilihan lain gua terima jg tawaran si acong. Maid dianterin. eh ternyata dari penampilan lumayan sreg sih. Bersih resik, trus murah senyum. Akhirnya walopun dia bilang gratis si acong ua bayar lagi 100 rb. ini udah jalan 2 hari. so far so good. Si maid pinter main sama anak kecil. dea mau dimandiin dan disuapin dia. dia bisa gendong timmy juga. bahkan timmy ketawa2 ngekek maen sama dia. kerjaan lumayan. duh mudah2an bukan cuman screen saver n bisa bertahan lama kaya si yani dulu.

Oh ya blum cerita perkembangan timmy, trus kemaren gua abis bikinin dea dan timmy pasport. ntar deh ceritain terpisah. abis uda panjang bener,,,

8 komentar:

Lina mengatakan...

Salam kenal, mampir dari blognya Selvi nih...baca postingan soal maid, mengingatkan gw juga, kalo sejak lebaran tahun 2009 kemaren sampe sekarang gw juga bolak balik ganti maid (setelah maid lama mutusin ga balik setelah 3 tahun kerja)

Emang soal maid never ending story, tapi keputusan untuk cut si mba yang belagu emang tepat, moga2 bisa awet sama mba yang terakhir ini.

Btw si penyalur yang namanya acong itu bagus ? hehehe, secara gw juga lagi cari 1 lagi. Tx ya :)

Yulia mengatakan...

Duh bu.. gw sedih denger ceritamu jd ga bisa comment apa2. maid emang kaya gitu kok. selalu buat kita dilema. apalagi gw yg sebagai working mom. semoga yg ini awet yah.

Btw, salam kenal :)

Pucca mengatakan...

aduh en, gua capek baca kerjaan lu hari2, kalo gua jadi lu walaupun blom punya gua cari pembantu pulang hari, yang penting kan ada yang nyapu ngepel nyuci, trus makanan gua rantang ajalah sementara, jadi cuma siapin makanan dea ama susu timmy..

semoga maid yang ini baek beneran ya, susah bener deh cari maid yang oke skarang.. padahal gajinya gak murah ya, mahal juga..

enysusanto mengatakan...

@ Lina : hai Lin, salam kenal juga ya.ntar aku maen2 ke tempat u juga ya :) Si acong ya gitu deh. Dia kalo disuruh nyari orang cepet sih. 2-3 hari udah dapet. Ga tau dapet darimana? Tapi ya ga jaminan bagus. Buktinya gua udah gonta ganti berapa kali. ipar gua kemaren dibawain sama acong lumayan. Udah kerja 4-5 bulan juga. Hoki2anlah dapet yg bagus.

@ Yulia : Salam kenal juga ya. Thank you very much bu. Mudah2an yang ini OK deh. Ntar aku maen ke tempat u juga ya :)

@ viol : Iya gua juga udah cari cuci gosok harian. Tapi gimana si acong selalu dapet duluan. Sedangkan si cuci gosok nyarinya kapan datangnya kapan. Giliran butuh ga ada. Jadilah ceritanya begini. Thanks ya vi

yenni 'yendoel' mengatakan...

mudah2an yg ini dah bener yah en. kadang diajak aja ngobol hati ke hati, dicuci otak... supaya bisa timbal balik, dia baik kan elo juga pasti baik ke dia.
kami termasuk yg beruntung, dulu di jambi punya asisten kakak adik. masing2 tahan kerja sampai 5 tahun lebih. orang sunda. keluarganya, ibu bapaknya semua baik2, sopan2, bersahaja. bener2 menyenangkan. gak pernah mencuri sesen pun. (*yakin banget deh*). makanya mamaku suka ngasih barnag2 ke mereka, atau kalo ada makanan suka kasih ke mereka. baru berhenti setelah mereka masing2 nikah. terus srkg ini mamaku dpt maid khusus cuci, bersih2 dan pulang, juga mayan baik. dpt yg ngeselin juga ada sih, tapi gak sepuyeng mantan2 maid2mu ... mudah2an yang terakhir ini betah yah

Yulian mengatakan...

duh...gw yg baca aja kebayang gmn cape dan tulang2 bisa pada retak kali yaaaa

secara waktu BS Sam cuti seminggu aja, gw rasanya kok uda cape bgt. padahal ada nykp + ade gw yang bantuin loh. bnr2 ga ada apa2nya gw nih!
uda gitu elo masih masak sendiri pulak, En. salutt deh.

moga2 yang terakhir ini bener kerjanya dan betah ya...
:)

enysusanto mengatakan...

@yendoel : Iya yen, yang lama uga udah gua anggap keluarga makanya bisa tahan 4 thn. Udah gua cuci otak juga jangan kawin muda2. Akhirnya kemaren married umur 22 thn. Tapi yang belakang ini kerja 2 minggu susah gua mau bangun hubungannya. Sekalinya yg terakhir 4 bulan juga gua udah bangun hubungan, kadang suka cari2 topik ngobrol sama dia. Tapi belagu, ga menghargai gua. Biar aja dia rasa. oughhh... masih kesel tuh sama maid yg ntu, Iya mudah2an yg terakhir ini ok. Thanks ya.

@yulian : Thanks ya yul. Iya mudah2an bisa betah ann tahan lama.

美鈴 &彩香 mengatakan...

duh gw jg ikutan stress baca tentang maid ini...uhhh...emg susah si dpt ya bner2 sreg di hati.

maid yg di rmh nyok gw bner2 awettt..bayangkan dari gw SD tuh maid uda kerja, mpe skarang masih di t4 nyok gw. Tapi ya gitu dah, nyok g jg merem dah kalo dia belagu dikit2, drpd susah cari yg awet lagii

moga2 yg kali ini awet yak