Senin, 08 Maret 2010

Update Part 2

My Little Timmy

lanjut cerita kemaren, akhirnya Timmy lahir di malam taon baru. berhubung malam itu ga ada pasien yang melahirkan, cuman gua sendiri, jadi gua ngendon di kamar bersalin lama banget. Abis timmi lahir dia dibawa suster untuk tidur di dekat gua dan dia pun tertidur di atas dada gua. gua sangat menikmati saat2 itu, cuman gua berdua sama timmy. Bener2 lega, bersyukur, akhirnya bayi yang selama 9 bulan 10 hari (pas karena gua lahiran tepat di hari yang dihitung sama prediksi dokter) akhirnya sekarang udah keluar dan sekarang berada didekapan gua. Sehat, chubby, tanpa kekurangan apapun. Thanks God.

Kamar bersalinnya ada jendela besar dan ga lama setelah gua melahirkan mulai terlihat embang api bermekaran dari jendela rumah sakit itu. Bagus banget. dari ujung kiri sampe ujung kanan kembang api bermekaran. Nak, ultah mu akan dirayakan orang sedunia dengan meriah. Langsung kebayang setiap sibuk siapin merayakan old & new, mulai tahun depan akan
ditambah 1 kue ulang tahun untuk Timmy. Hehe...

Tapi ironisnya, ternyata demam dhea sehari sebelum gua melahirkan itu bukan demam biasa. Dhea terkena campak. Tapi untungnya karena udah imunisasi, ga terlalu hebat penderitaannya. sempet rewel 2 hari pertama karena demam, hari kedua mulai muncul merah2 di muka dan seluruh badannya. buanyak banget, Tapi dia udah mulai bisa ceria. masih bisa maen, bisa ketawa2 walaupun cepet cape dan banyak tidur. Karena gua udah mau pulang dari rs bawa
timmy gua takut ntar timmy ketularan, jadi nitipin dhea sama nyokap di bogor. Kan kasian timmy masih baby dan belum diimunisasi campak juga.

Setelah pulang ke rumah baru deh... Welcome to the world. Gua ga ada mbak yang bantuin. sejak abis lebaran udah gonta ganti maid. ga ada yang bener. Sudah 4 thn gua ga nyari maid. Pas abis lebaran kemarin si yani berenti karena mau nikah. Ughhh... ternyata susah begini ya, sampe cape sendiri gua. Akhirnya daripada ga ada yg bantuin sama sekali, mendingan pake mbak cuci gosok harian dulu. Tapi udah telp ke sana kemari cari yang cuci gosok harian pun ga dapet2. Untungnya ada mertua gua yang masakin buat gua, tapi dia juga udah tua. Dan ga berani pegang baby sama sekali. Jadi semua urusan baby gua yang urus sendiri. mulai dari siapin air panas untuk mandi timmy, mandiin timmy, begadang susuin timmy, ganti popok dan cuci baju pake mesin cuci. Mana namanya bayi, pipis, pup, nenen nya sering banget. Jadi baru selesai bersihin pup nya, eh kencing, ganti popok lagi. baru selesai, nangis mau nenen.... begitu deh terus menerus. cuape banget. Mana bekas jaitan masih sakit.

Masalahnya gua ga bisa nyusuin langsung. Jadi pada hari gua pulang ke rumah payudara gua mulai bengkak dan seluruh badan gua meriang. Mana pori2 nya masih kecil, jadi gua pompa pake breast pump Avent, belon keluar lancar dan sakit banget. Tapi gua tetap maksain pompa continue supaya ga berenti ASI gua. Sambil mompa sambil keluar air mata gua. Perih banget. Kadang sampe berdarah2, ketarik2 gitu. Mana harus sibuk cuci & steril botol yang seabrek2 plus pompanya.

Gua sama sekali ga punya waktu untuk tidur dan istirahat. Badan gua sakit banget. Seluruh badan gua kaya mau rontok, pinggang gua sakit banget. Bener2 menderita. Mana kerjaan si abun lagi banyak2nya. Lagi implementasi ERP di salah satu manufactur. Jadi sibuk banget. Pulang udah capek banget. Kadang malem masih harus bergadang ngecek2in kerjaan di kantor plus siapin persiapan buat beresin report2 buat ERP. Tapi dia masih sempet bantuin gua gendong timmy kalo gua lagi angetin ASI di malam hari. Tapi gua ga bisa berharap banyak, emang keadaannya juga lagi ga memungkinkan.

Seminggu kemudian Dhea udah balik karena udah sembuh plus udah harus masuk school. Nyokap gua minta gua pulang ke bogor aja daripada menderita begini. Tp gimana, si dhea udah harus school ntar ga ada yg ngurusin. Akhirnya gua milih tetap stay di rumah. Begitu ada dhea nambah lagi job desk gua, pagi2 musti mandiin dhea, siapin sarapan dan bekal dhea buat skolah. Terpaksa selama seminggu itu sarapannya corn flake ato coco cruch. bekal sekolah biskuit ato roti plus susu ultra. abis gua ga sempet lagi bikin makanan ini itu. pulang sekolah musti ngajarin dhea bikin pr plus nemenin dia maen.

Tapi hebatnya anakku, dia udah bisa bantuin gua. Setiap abis mompa asi kan harus dimasukin ke kulkas. Daripada gua turun naik tangga abis melahirkan, dhea jadi kurir gua. Setiap botol udah gua tempelin stiker yg gua tulis nomor 1,2,dst jadi kalo timmy udah waktunya minum, gua akan minta dhea untuk ambilin susu di kulkas untuk dibawa naik ke atas untuk gua angetin. Gua tinggal bilang dhea ambilin botol yg number 1 dong, dia akan dengan penuh semangat turun ke bawah dan naik lagi dengan botol no.1 di tangan. Bayangkan anak umur 4 thn, bisa bilang begini. Mami, dhea mau bantuin mami. Dhea kasian sama mami cape urusin dhea sama dede. ow.... perkataan itu bagaikan setetes embun di tengah padang gurun, penghiburan ditegah2 penderitaan yang gua rasakan.

Makanya gua suka merasa bersalah. Sebelum ada dede kan dhea bebas mau loncat sebebas2nya, nyanyi sebebas2nya. tapi sekarang kalo dia loncat2 deket dede pasti gua larang, dia teriak dikit suka gua larang juga takut dedenya kaget. Padahal dia sayang banget sama dede timmy. Kalo timmy nangis, pasti dia akan lari menghampiri dedenya sambil tepok2 dan bilang cup...cup...cup. Tapi kenceng banget jadi kadang gua suka marahin dhea. Kayanya dia sedih banget. Gua nyesel. Seharusnya gua ga cuman liat perbuatannya tapi gua bisa memandang jauh ke dalam hatinya. Dia kan punya motivasi yang baik.
Makanya pas dia lagi baik2 gua suka peluk dia erat2 sambil pelan2 kasih pengertian ke dia kenapa gua marahin dia. karena dede masih sangat kecil. sambil gua minta maaf sama dia dan bilang gua sangat sayang sama dia. Ada efeknya lho walopun masih sering sih tiba2 teriak manggil "DEDE!" sampai dedenya ngajol karena kaget. Ya... maklumlah namanya juga anak kecil.

Pas hari2 itu air mata gua suka berlinang sendiri. Gua merasa sediiiih banget, koq gua susah banget ya Tuhan. Badan gua sakit, rasanya capeee banget. Selalu bertanya kenapa Tuhan? koq gua susah banget nyari maid. gua ga sanggup Tuhan. Tanpa sadar gua jadi suka merenungkan penderitaan gua, dan gua suka mengasihani diri gua sendiri. Merasa diri paling menderita. Jadinya suka nangis sendiri. Ternyata berpengaruh tuh ke emosional gua. Jadi sensi, gampang marah dan gampang nangis. Kasian abun sama dhea yg sering kena marah walo cuman melakukan kesalahan sedikit.

Untungnya sebelum semua itu berlarut2 dan menjadi kebiasaan dan karakter gua, Tuhan itu
masih baik sama gua. Suatu hari waktu gua lagi komplain sama Tuhan mengenai keadaan gua,
Tuhan menegur gua. Di hati gua tiba2 muncul kata2 seperti ini :" Anak yang KU-kasihi akan kuajar dan ku sesah" Gua kaget. Maksudnya apa Tuhan? Maksudnya Aku mengijinkan kamu mengalami ini semua karena AKU mengasihi kamu Eny. Aku sedang memperbesar kapasitas dalam diri kamu, Aku sedang merenda suatu karya yang indah dalam hidup kamu. Percaya saja. Yang kamu harus lakukan adalah BERSYUKUR! BERSYUKUR di setiap keadaan bukan cuman pada saat seneng aja. Tapi saat sekarang bisakah kamu bersyukur?Kenapa kamu merasa kamu adalah orang yang paling menderita? lihat Maria. Dia dikira hamil diluar nikah sama seluruh orang di sekitarnya, dia dicibir dihina orang karena kehamilannya yang notabene bukan salah dia sama sekali. Selama hamil tua dia harus bersusah payah melakukan perjalanan dan akhirnya harus melahirkan di tempat yg sangat tidak layak dengan penolakan dari semua orang. Ga hanya itu. setelah melahirkan dia juga harus hidup dalam pelarian karena dikejar2 Herodes. Padahal dia juga manusia biasa sama seperti kamu.

Bayangkan apa yang dirasakan oleh dia saat itu. Tapi lihat apa responnya? pernah ga dicatat
bahwa maria mengeluh atas keadaannya? Engga kan? Coba sekarang bandingkan penderitaan dia dengan kamu. Ga ada secuil juga kan? bukan benar atau salah, yang penting adalah respon.
Coba belajar berespon yang benar.

Duh, gua tertemplak banget. Rasanya seperti tertampar. Iya. Gua tidak bersyukur. Padahal Tuhan sudah memberi begitu banyak kemudahan. Melahirkan gampang, Jaitan cepet pulih juga, cuman 2 minggu udah ga sakit, timmy juga lumayan anteng. Gua bisa ASI exclusive sejak hari timmy 3 hari sampe hari ini ASI melimpah ruah, dan udah ga sakit lagi. Anak Dhea yang manis, suami yang baik, timmy yang cute, keluarga yang mencintai gua. Kenapa gua ga bisa liat semua itu. Mulai hari itu gua belajar bersyukur di tengah2 air mata gua. Bener2 susah banget dan gua sering gagal. tapi gua mencoba terus. hiks... God...please help me to pass all of this with a grateful
heart.

Pas timmy 2 minggu akhirnya gua dapat mbak cuci gosok. Hmmm.... lumayanlah, ada yang nyuci dan beberes rumah. Walopun masi tetap repot. Singkat cerita setelah timmy sebulan + 10
hari, ada yang nawarin gua mbak nginep. Sebenernya gua udah males, trauma juga. Tapi karena
gua repot gua ambil aja. Eh, ternyata mbaknya lumayan loh. Udah hampir sebulan nih sekarang. Ya walopun mbak yani still the best. Yang penting bisa kerja dan jujur. SIsanya merem2 lah.

Akhir cerita, Setiap apa yg kita alami apapun itu susah senang pasti ada maksud Tuhan yang
indah. Dia sedang membentuk karakter kita, memproses kita. Pencobaan-pencobaan yangkamu alami adalah pencobaan biasa, yang tidak akan melampaui kekuatanmu. So Jangan pernah menyerah dan tetap bersyukur. Dia pasti memberi kekuatan. Amen. Melalui kejadian ini gua bener2 dilatih mengucap syukur dalam segala keadaan. Belajar berespon benar, menahan diri, menguasai diri, mengalihkan pikiran2 yg buruk ke pikiran positif. So keep Fighting! Cia Yo!


My Sunshine, Dhea & Timmy


Timmy Pas Sincia

Kong Xi! Kong Xi! Hong Pau na lai

14 komentar:

santi mengatakan...

y en..bersyukur.Tuhan baik banget ma u..dkasi anak cantik n ganteng...timmy kaya bule ya..gemessss..mana ni foto ma mami papinyaaa :D

enysusanto mengatakan...

@ Santi : Iya san. Gua mau bersyukur shan.Thank you ya. Foto mami papa namenyusul ya. Ga pede neh, abis melahirkan ndut banget, hehehe... ya tapi penderitaan gua selama ini ada himahnya juga, berat badan langsung turun drastis. walo masih banyak sisanya karna naiknya kebanyakan kemaren, hahahha

Yulian mengatakan...

duh En, salut gw sama elo...semua dikerjaiin sendiri. kalo gw boro2 bisa gitu. selain krn bekas jaitan sesar msh sakit, gw dimanja bgt sm nykp. makan aja dibawain ke kamar. ga boleh turun naik loteng.
di rmh ada sus n nyokap yang bantuin urus baby.
Tapi bersukur ya En, baby sehat elo juga sehat2 dan bisa asix :)

Jes senasib sm dhea, langganan kena marah. tiap hari pastiii ada aja ulahnya yang bikin marah.
Daann..sama juga tuh, suka ngagetin titinya :D

美鈴 &彩香 mengatakan...

dhea pinter ya, bisa bantu2 u...thx God, smua lancar ya...

Pucca mengatakan...

emang kalo gak ada orang yang bantu2 susah ya, tp sukurlah skarang udah membaik ya en..
wow.. timmy walaupun masih 2 bulan tapi udah bisa kiong hi :P

enysusanto mengatakan...

@yul: iya nyokap gw jgh ga bole gua naik turun tangga. Dia ga tau aja, ‎​​H³e³..:)H³e³..:DH³e³..=D™...

Tadinya sempet nyerah mau pake bs aja. Tapi gw coba btahan. Itu kan komitmen gw. Gw aja rela mwngorbankn kerjaan demi mendidik anak sendiri, masa harus nyerah. Kalo uda ada bs pasti deh lama2 apa2 bs.

@ sylvia : thanks ya syl

@ viol : bener vi, kerasa banget karena emang waktu itu blm pulih pasca mlahirkan plus musti ngurus 2 anak.
‎​​H³e³..:)H³e³..:DH³e³..=D™... Waktu foto timmy diambil waktu sincia, timmy baru 1,5 bln. Ga ada yg ngarahin tiba2 dia mengepalkan e tangannya. Karena pas imlek maka buru2 gw jepret aja pake hp. ‎​​H³e³..:)H³e³..:DH³e³..=D™...

Yenny - Fidel mengatakan...

Timmy mirip ama mukanya Dea, cuma versi cowonya aja yah.

Si Dea, pinter banget bisa bilang mau bantuin mami, pasti terharu banget denger nya.

Syukurlah sekarang dah dapat Mbak, yang pasti bisa legaan dikit yah

once_alifetime mengatakan...

Cakep dan lucu ya Timmy:) Puji Tuhan semuanya udah lebih membaik..

enysusanto mengatakan...

@ yenni: iya yen, banyak yg bilang gitu. Gw pun setuju. Ntar kalo sempet gw mau ngubek file foto2 dhea waktu baby. Ntar diposting. Mirip banget. Thanks God smua emang uda lbh stabil. Thanks ya

@ once thanks ya

yenni 'yendoel' mengatakan...

suka banget foto yg dhea-timmy.
waktu payudara bengkak dan sakit, bisa di'sisir' dg sisir kayu. aku udah pernah coba ..manjur banget. setelah itu, asi gak kesumbat lagi dan lancar. (tapi masa bengkak dah lewat yah en!)
selamat yah en! walaupun telat banget.
terharu baca posting mu ini. dhea bener2 anak hebat lho!
pelan2 aja kasih pengertian, misal kudu ingatin, jangan loncat2 di tempat tidur kalo adik lagi di temapt tidur, jangan gendong adik, jangan kasih adik makan sesuatu (jelaskan juga alasannya kenapa gak boleh).

Cyntha mengatakan...

wah nongol2 taunya dah gede dedenya dhea :)salut gw ama elo..semuanya dikerjain ndiri. syukurlah sekarang dah ada yg bantuin :D

enysusanto mengatakan...

@yenny: iya yen skrg uda ga sakit lg. Uda lancar koq. Iya gw slalu kasih pengertian ke dea. Dia ngerti koq, cuman kadang reflek aja apa2 kenceng, uda krbiasaan

@cyntha: ‎​​H³e³..:)H³e³..:DH³e³..=D™... Maklum ga sempet update. Sbenernya terpaksa apa2 dikerjain sendiri. No choice.Thanks ya

Lia mengatakan...

waaaaaaaaaaah... gue nemu blog emak2 juga :) asiiiik..... salam kenal yah bu! anak kita samaan namanya TIMMY! ;p huehehehe.... gile, baca pengalaman lo nglahirin yg kedua plus ngurusin sendiri, wah takjub. gue juga ngurusin sndiri gr2 gue tinggal di thailand, huhuhuhu... jauh dr ortu. tharu banget denger kisah si dhea yg mau pengertian dan bantu lo gitu... salam kenal bu, mau ngoprek2 blog lo dulu aaaach... seru nih bacanya :)

Lia mengatakan...

waaaaaaaaaaah... gue nemu blog emak2 juga :) asiiiik..... salam kenal yah bu! anak kita samaan namanya TIMMY! ;p huehehehe.... gile, baca pengalaman lo nglahirin yg kedua plus ngurusin sendiri, wah takjub. gue juga ngurusin sndiri gr2 gue tinggal di thailand, huhuhuhu... jauh dr ortu. tharu banget denger kisah si dhea yg mau pengertian dan bantu lo gitu... salam kenal bu, mau ngoprek2 blog lo dulu aaaach... seru nih bacanya :)