Rabu, 26 November 2008

Perkataan kita mengaktifkan sesuatu

Beberapa hari yang lalu waktu baca Firman gua dapat berkat yang ok banget. Sebenernya udah mau gua posting dari kemaren2, tapi sibuk euy, belom sem-pet :p

Renungannya begini :
Tahukah anda bahwa mulut kita adalah kunci bagi aktifnya malaikat yang siap membantu kita? Pengkotbah 5:5 berkata, “Janganlah mulutmu membawa engkau kedalam dosa, dan janganlah berkata di HADAPAN UTUSAN ALLAH bahwa engkau khilaf. Apakah perlu Allah menjadi murka atas ucapan-ucapanmu dan merusakkan pekerjaan tanganmu?” Jadi perkataan apakah yang keluar dari mulut anda? Berhati-hatilah karena para malaikat siap melaksanakan apa yang keluar dari mulut kita.

Luar biasa! Ternyata setiap kata yang keluar dari mulut kita, di alam roh sana ada yang terjadi. Malaikat Tuhan dan malaikat kegelapan langsung melakukan apa yang kita katakan. Di ayat di atas di bilang masa waktu apa yang kita ngomong itu terjadi kita mau bilang di hadapan UTUSAN ALLAH bahwa kita khilaf? suami istri yang kalo berantem sering ngomong cerai aja, itu langsung ditangkap sama malaikat kegelapan dan kalau ga dicabut dan perkataan itu terus ditabur, cepat lambat itu akan menjadi kenyataan. Makanya di TV kita lihat banyak banget terjadi perceraian. Sedih sih. Mungkin itu salah satu akibat dari tidak menjaga mulut. Apakah perlu nunggu sampe Tuhan murka atas ucapan kita dan mengahancurkan semua pekerjaan tangan kita? Kalo sampe itu terjadi, nyeseeeelll... sel, sel deh kita. Yuk, cepet bertobat. jaga mulut kita.

Waktu gua sadarin itu, gua bikin komitmen dalam hati gua, gua mau lebih menjaga mulut gua.
Nah abis gua saat teduh itu gua langsung dicoba, hehehe...
Ceritanya gua lihat udah jam 10.00, si abun belom berangkat kantor. trus gua bilang "Pi, kok kamu sekarang malah tambah mundur sih. Biasanya jam 10 udah nyampe kantor belakangan ini koq jam 10 masih di rumah'. Simple dan maksudnya baik mau ngingetin. Tapi tiba2 dalam hati gua ada suara yang berkata : "Koq mundur sih? koq u malah mengucapkan kata-kata yang tidak membangun? Ingat, perkataanmu mengaktifkan sesuatu" "ups, sorry Tuhan gua ga mau laki gua tambah mundur. Tapi kalau gua bilang maju kan mengada2. kenyataannya ga maju? jadi gua konflik dalam batin. setelah sekian detik, gua langsung ralat perkataan gua :
"Ups sorry pi, bukan tambah mundur, hehehe. Mami percaya papi pasti terus maju, besok papi pasti bisa lebih pagi. Mami doain papi berhasil ya hari ini. Kerjaannya trus diberkati. Papi dikirimin order-order baru. amin"
Si abun langsung peluk gua n bilang "Iya, Makasih ya mi".
Hati gua langsung berbunga-bunga, seneng dipeluk dan disayang suami, seneng udah belajar membangun orang lain.

Kasus kedua, anak gua si dhea baru umur 3 thn. Dia baru masuk sekolah playgroup. Aneh ya anak sekarang, baru sekolah, kecil2 udah ada ujian. Jadi ceritanya Senin kemaren sampai kamis besok dia ada UAS. Salah satu materinya adalah menulis number 1-5 ama a,i,u,e,o.

Nah mulailah gua ngajarin dia biar nanti pas ujian bisa. Pas lagi nulis angka 5, dia ga mau dikasih tau. Sok tau banget. Udah jelas-jelas salah dikasih tau engga mau, tetap aja nulis seperti yang dia mau. alhasil angka 5 topinya miring ke atas, ke bawah. amburadul. sampe udah berapa kali gua kasih tau, tetap aja ga bisa, akhirnya jadi esmosi. Ngajarinnya udah jutek. Langsung gua bilang : "Dhea! kamu mah payah ih. Mami udah kasih tau berkali-kali kamu tetap ga bisa. Makanya kalo mami kasih tau tuh dengeriiin!"

Eh, tiba-tiba di hati gua ada suara lagi : "Koq kamu nyumpahin anak kamu payah sih? Ingat lho, perkataan kamu mengaktifkan sesuatu" Oh, God! Saya bertobat. Langsung gua peluk Dhea.
"Dhea ga payah koq. Dhea anak mami yang hebat. Dhea kalo mami kasih tau dhea dengerin dong. nih mami kasih contoh, dhea lihat ya... Nah, ayo Dhe, coba. Dhea pasti bisa deh. Mami tau, dhea pasti bisa."
Eh trus dia tulis, belum bener. gua bilang lagi :
"Dhe, lihat tangan mami nih, mami contohin. kamu topinya jangan miring ke bawah, tapi lurus. Jadi garis bobo. ayo, lagi dhe. Dhea bisa koq"
Dia nulis lagi (2 kali ) dan angkanya bener. Trua gua langsung tepuk tangan :
"Hebat Dhe, tuh kan mami tadi udah bilang, Dhea pasti bisa. Anak mami emang pinter. Ayo Dhe, coba lagi, mami liatin".
Eh, dia nulis lagi dan bener lagi. Puji Tuhan. Senengnya gua... Ternyata kata-kata kita sangat berpengaruh ya. waktu gua ngajarin dengan jutek, marah2, Dhea semakin ga bisa, malah frustasi. Tapi waktu gua semangatin dia, gua bangun dia, dia bisa nulis.

Thanks God. Hari ini saya belajar banyak. Engkau mengingatkan saya dan melatih mulut saya supaya dari mulut saya senantiasa keluar kata-kata berkat yang membangun orang lain. Tuhan trus bangun saya Tuhan. Biar karakter2 saya yang buruk engkau bentuk sesuai kehendakMu. Amin.

Tidak ada komentar: