Selasa, 08 September 2009

Dim Sum Ceker (Ang Sio)

Hi All, duh lama ga update. Banyak cerita sih, tapi berhubung ini urgent (by Request) gua posting resep ceker ini dulu ya...

Duh, Sabtu kemaren pas ke Pasar, ngeliat di tukang ayam cekernya lagi banyak & bagus2. Langsung dah kepikiran mau masak Dim Sum Ceker masak Angsio secara gua emang doyan banget makanan ini.

Akhirnya pilih2 si ceker. Cari yang bersih, rapih dan putih, hehehe... (khusus untuk si dim sum ini, lebih enak kaki ayam negeri, karena lebih berisi daripada ceker ayam kampung or kalasan)

Here is the Recipe :
Bahan :
1 Kg Ceker yang bagus
4 siung bawang putih, cuci bersih, ga usah kupas kulit, keprek aja
4 batang cabe merah keriting
2-3 sdm saos tiram
2-3 sdm minyak wijen
3 sdm ang ciu
Kecap manis secukupnya
Kecap asin secukupnya
garam + gula secukupnya sesuai selera
Lada halus secukupnya
Kadang suka dipakein kecap inggris dikit, kalo ga ada ga usah juga gpp.

Minyak goreng untuk menggoreng
Es batu secukupnya

Caranya :
1. Pertama cuci si ceker bersih-bersih. Kalo masih ada kulit luarnya dibuang semua sampe putih bersih. Trus kasih cuka & garam agak banyak, aduk-aduk, biarin sebentar. bilas dengan air bersih. Ulangi jika dirasa perlu. Pokoknya si ceker udah bersih dan tidak bau amis. Tiriskan.

2. Panaskan minyak goreng diwajan. jangan lupa sediain juga tutupnya. Soalnya ngegoreng si ceker ini gelo pisan, meletup2 hebat. Gua aja sampe kecipratan minyak & melepuh. hiks... Rahasia biar enak, ngegorengnya kudu sampe coklat supaya hasilnya nanti keriiput & ngembang sempurna. tapi jangan sampe garing pisan kaya kerupuk.

3. Angkat ceker yang sudah digoreng, trus masukkin ke wadah dan rendem dengan air es batu. Kira2 15-20 menitan. kemudian tiriskan.

4. keluarkan panci slow cooker andalan. Masukin ceker + semua bumbu dan bawang putih + cabe. Kasih air panas sedikit sampe si ceker kerendem becek2 gitu. Jangan terlalu banyak, ntar jadinya ga enak. Koreksi rasa udah cukup asin + manisnya. Tutup. Stel di High. Karena dia slow cooker jadi agak lama. sekitar 2 jam. Biasa masak pagi-pagi2 trus pergi ke kantor. Siangnya pulang udah tinggal makan.

Duh, karena gua masih di kantor dan resepnya diminta dadakan jadi belum sempet gua foto hasilnya. Pokoknya hasilnya si ceker keriput ngembang bewarna coklat. Dan hasilnya empuk pisan, wangi dan uenak. Dulu pertama masak, si hubby ga mau, katanya geli makan ceker. Trus gua paksa2 suruh nyobain karena enak pisan. Akhirnya dengan terpaksa dia nyoba, tapi abis itu langsung ketagihan. Kalo masak sekilo bisa abis berdua, huehuehue.... silakan mencoba.

6 komentar:

Pucca mengatakan...

resepnya keren juga en, lu kok bisa masak ya? hebat deh lu..
gua juga blom pernah makan ceker, abis geli hehe.. emang rasanya apa sih ceker itu? :P

d3s mengatakan...

hahahaha... gue sama kayak viol... ga pernah makan ceker... :D

Iklan Gratis mengatakan...

Wah bisa nyoba bikin nih, saya belum pernah tuh bikin yang kaya begituan.
makasih...
iya ceker ayam kampung itu isinya memang lebih sedikit,
Iklan Gratis

milana mengatakan...

gak pake tauco? jadi pengen coba resep yg ini.. tapi gak punya slow cooker.. kalo masak di panci pake api kecil bisa gak? atau pake panci presto?

Jahja Kurniawan mengatakan...

Boljug nih resepnya, gue ngefans banget sama dimsum ceker. Kan kalo di resto suka ada yg pake tausi jg, btw resepnya gak pake pekak ya? Thanks for sharing

Jahja Kurniawan mengatakan...

Boljug nih resepnya, gue ngefans banget sama dimsum ceker. Kan kalo di resto suka ada yg pake tausi jg, btw resepnya gak pake pekak ya? Thanks for sharing